10 Kerja Sampingan Part Time Mahasiswa (The Best Job)

Kerja Sampingan Part Time Mahasiswa — Menyandang gelar mahasiswa bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Sebagai seorang mahasiswa, kewajiban utamanya yaitu mencari ilmu sebaik-baiknya. Terkait persoalan kebutuhan sehari-hari, orang tua yang bakal menanggung sepenuhnya. Masalahnya,  jatah uang yang diberikan orang tua seringkali tidak mencukupi kebutuhan yang ada.

Apa pengertian mahasiswa yang sesungguhnya? Simak selengkapnya di Pengertian Mahasiswa

kerja sampingan mahasiswa
ayosebarkan.com

Tuntutan untuk mengerjakan tugas yang seabrek,  juga harus mampu mengatur pengeluaran setiap harinya dalam satu bulan. Mahasiswa yang mayoritas besar adalah anak kos dari perantauan  yang hanya bisa mengandalkan uang bulanan dari orang tua. Alhasil, mereka harus menghemat pengeluaran sampai usai tanggal tua.

Nah, sebab itu mereka memerlukan kerja sampingan untuk menambah koin-koin di dalam dompetnya. Salah satu jalannya yaitu dengan bekerja part time ataupun freelance. Karena tidak selamanya jatah bulanan berakhir dengan sempurna sampai akhir bulan. Faktor utama kegagalan usaha irit yaitu kebiasaan orang Indonesia menghambur-hamburkan uang ketika banyak uang.

Solusi agar tidak terjadi hal tersebut yaitu mahasiswa harus mampu melakukan hal sekreatif mungkin untuk mendapatkan uang saku lebih. Banyak pekerjaan yang dapat menjadi sampingan para mahasiswa. Beberapa dari pekerjaan yang ada, bisa menjadi latihan sebelum memasuki dunia kerja yang sebenarnya.

Kerja Sampingan Part Time Mahasiswa

Jenis pekerjaan paruh waktu dapat dikatakan menjadi favorit mahasiswa dalam memenuhi kebutuhannya. Ada beberapa pekerjaan yang bisa dicoba untuk menambah uang saku serta pengalaman yang belum pernah didapat selama di bangku perkuliahan.

Sebelum  mengarah pada jenisnya, mahasiswa mempunyai syarat tertentu agar mudah menjalankan usaha dengan laba yang menjanjikan. Jenis usaha yang ada pada saat ini, tidak semuanya sesuai dengan situasi dan kondisi mahasiswa. Kondisi mahasiswa yang sebagian besar waktunya dimanfaatkan untuk belajar dan kuliah.

Peluang usaha yang ada tidak semuanya dapat ditempuh karena terbatasnya kemampuan yang dimiliki mahasiswa dalam melakukan usaha. Jenis pekerjaan yang nantinya dipilih harus sesuai dengan keadaan. Situasi yang tetap mengharuskan untuk  menjalankan kewajibannya sebagai mahasiswa.

Dan dibawah ini adalah 10 jenis kerja sampingan yang dapat dilakukan oleh  mahasiswa, dan tidak perlu mengeluarkan banyak modal. Silahkan dibaca, semoga bisa menambah uang saku. Syukur-syukur dapat membantu meringankan beban tanggungan orang tua.

1. Menghasilkan Uang dan Mempunyai Keleluasaan Waktu

  • Kerja Sampingan Mahasiswa sebagai Penulis Paruh Waktu (freelance)

    kerja sampingan mahasiswa penulis

    linkedin.com

Cukup bermodalkan Skill, Anda bisa menjadi Jasa Penulis Artikel Freelance

Menjadi penulis paruh waktu yang bisa menulis artikel, opini ataupun cerpen dari kos atau rumah sangatlah bermanfaat. Jangan sia-siakan jika mempunyai bakat menulis yang cukup mumpuni. Menjadi seorang penulis lepas tidaklah menyita banyak waktu kuliah maupun belajar, justru mendorong prestasi akademik.

Kalau memang memiliki kemampuan menulis serta menyusun kata-kata dengan baik, cobalah menjadi seorang penulis.  Menulis mempunyai banyak manfaat bagi yang benar-benar tekun menjalaninya. Bermanfaat bagi si penulis maupun si pembacanya, baik untuk saat ini ataupun untuk masa yang akan datang.

Saat ini, banyak sekali info yang membutuhkan jasa penulis lepas untuk penulisan artikel yang disesuaikan dengan kemauan pasar. Beberapa website online, terdapat loker untuk menulis freelance. Mencoba dan berusaha untuk menjadi penulis freelance, bukan menjadi hal yang perlu ditakutkan dan juga dikhawatirkan.

Membuka lapak di forum-forum jual beli online dengan menjual jasa untuk menulis juga bisa dilakukan. Seperti pepatah bilang, “dimana ada usaha, disitulah ada jalan”. Optimis menjadi modal awal, jangan lupa untuk berusaha dan akhirnya serahkan semuanya pada yang Maha Pengatur.

2. Pekerjaan Mulia di Masyarakat; Selain Mendapat Penghasilan, juga Bisa Berbagi Ilmu

  • Kerja Sampingan Mahasiswa sebagai Guru Privat atau Les

    kerja sampingan mahasiswa guru les
    aboutislam.net

Menjadi guru privat tidak hanya mendapat kepuasan karena memperoleh penghasilan, tapi juga puas karena bisa memanfaatkan ilmu. Profesi ini tidak membutuhkan modal apapun. Asalkan mampu menguasai betul materi yang akan dipelajari nantinya bersama anak-anak didik yang ada.

Jenis pekerjaan ini diusahakan yang mempunyai potensi di wilayah ademik. Terutama supaya tidak malu sewaktu berhadapan dengan anak-anak, ketika bingung dengan pertanyaan yang diajukan.

Selain itu, menjadi guru privat (les) merupakan kerja sampingan yang banyak digeluti oleh para mahasiswa. Ada dua jenis guru les yaitu guru les lembaga bimbingan belajar dan guru les privat. Pembeda dari keduanya hanyalah terletak pada jumlah murid dan kedekatan guru dengan murid. Kebanyakan mahasiswa yang bergabung di ranah ini dari jurusan pendidikan.

Motivasi yang dijadikan dalam pekerjaan ini adalah untuk berbagi ilmu, agar senantiasa di jalan yang istiqomah. Kemampuan di bidang MIPA bisa dijadikan untuk mengajar anak SMA yang membutuhkan jasa pengajar. Kemampuan berbahasa asing juga sangatlah berguna di tempat kursus bahasa asing maupun menjadi guru les privat bagi anak-anak sekolah.

Menjadi guru les haruslah mempunyai keuletan dan kesabaran yang ekstra. Ketika mampu berbagi ilmu dengan anak-anak didik, pastilah akan merasakan kepuasan yang tak ternilai harganya.

Manfaat guru les lain yaitu untuk melatih diri di dunia pendidikan terutama dalam menghadapi beragam jenis murid. Demikian, menjadikan mahasiswa terutama yang dari jurusan pendidikan, menjadi lebih terlatih dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

3. Teliti Mencari Kesalahan, Bisa Mendapatkan Uang Tambahan

  • Kerja Sampingan Mahasiswa sebagai Korektor/Proofreader (Editing dan Proofreading)

    kerja sampingan mahasiswa
    independent.co.uk

Profesi sebagai korektor adalah salah satu pekerjaan yang pas buat mahasiswa, sesuai dengan jam kerjanya yang fleksibel. Menjadi seorang korektor/proofreader dibutuhkan ketelitian, kejelian serta kemampuan dalam hal editing yang baik. Hal tersebut perlu diperhatikan, karena ada beberapa media ysng menerima mahasiswa bekerja part time.

Mengecek atau mengoreksi naskah yang bersangkutan dengan keseragaman bahasa, mencari kesalahan penulisan, mengecek EYD. Perlu diketahui, semua itu adalah tugas dari seorang korektor (proofreader). Pekerjaan yang fleksibel, dan cocok pula bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa, Sastra, Jurnalistik maupun linguistik.

Pekerjaan ini sangatlah toleran bagi kondisi seorang mahasiswa tiap harinya. Media atau penerbit yang bersangkutan memberi jam kerja yang disesuaikan dengan jadwal kuliah. Bahkan diperbolehkan pula bekerja di rumah atau kosan, tak perlu susah payah pergi ke tempat kerja seperti para pegawai.

4. Kebutuhan Foto Semakin Mendesak, Skill Fotografer menjadi Peluang

  • Kerja Sampingan Mahasiswa sebagai Fotografer Freelance atau Fotografer Komersial

    prospek kerja manajemen fotografer
    hipwee.com

Foto bagus yang menjadi kebutuhan mendesak, menciptakan peluang besar bagi yang mempunyai skill fotografer. Peluang untuk menjadi fotografer yang sekaligus mampu menjual stok fotonya. Memiliki hobi fotografi juga mengantarkan pada sebuah pekerjaan.

Sering hunting foto, bisa menjual hasil fotonya di kalangan media serta pihak yang membutuhkannya. Semua itu merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Adapun kendala dari profesi ini yakni, mahalnya harga sebuah kamera dan juga melihat kemampuan fotografer yang tidak mudah.

Semakin banyaknya orang yang membutuhkan jasa fotografer, semakin mendesak pula kebutuhan foto saat ini. Barang untuk mendapatkan foto wisuda yang bagus, saat ini orang-orang rela merogoh rupiah yang tidak sedikit. Menawarkan jasa foto pada kondisi seperti ini adalah  sebuah peluang besar bagi usaha seorang mahasiswa.

Penghasilan nominal dari sebuah pemotretan terbilang tinggi bagi seukuran mahasiswa. Usahakan pula selain menawarkan foto wisuda juga menawarkan foto pre wedding pada orang-orang yang berminat. Bekerja sebagai fotografer, lagi pula juga dapat untuk mengembangkan kemampuan dalam bidang fotogarafi.

5. Efisiensi Waktu Maupun Tempat dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

  • Kerja Sampingan Mahasiswa sebagai Jualan Pulsa

    kerja sampingan manajemen jualan pulsa
    dailysocial.id

Kebutuhan pulsa semakin hari menjadi sangat tinggi, menjadikan bisnis jual pulsa sebagai alternatif membuka peluang tersendiri. Terutama di kalangan mahasiswa, pasti semua memiliki ponsel yang selalu dibawa kemana-mana. Nah, kondisi demikian rupa menjadi pilihan tepat untuk jualan pulsa.

Menjual ke teman-teman mahasiswa lainnya dari berbagai jurusan sudahlah memberi banyak keuntungan. Saat ini, jualan pulsa bisa menjadi pasar yang luas, karena jualan pulsa sudah meliputi pulsa listrik atau token. Cara memulai bisnis pulsa tidaklah sesuatu yang rumit, terutama untuk kalangan mahasiswa sendiri.

Sekarang ini, sudah banyak rumah yang memasang materan listrik prabayar yang membutuhkan token untuk mengalirkan listrik. Ini adalah salah satu jenis bisnis dengan modal yang sedikit namun menguntungkan. Caranya cukup dengan menyetorkan uang seperlunya, maka akan langsung bisa menjual pulsa dari hp secara langsung.

6. Pilihan Kedua setelah Mengajar sebagai Penghilang Kesepian

  • Kerja Sampingan Mahasiswa sebagai Operator Warnet

    kerja sampingan mahasiswa operator warnet
    academic

Memiliki keahlian IT, sangatlah cocok menjadi penjaga warnet. Kemampuannya yang akan semakin terlatih, juga mampu menghilangkan rasa kesendirian ketika telah tenggelam dalam dunia maya. Selain itu, jaga warnet menjadi pilihan untuk yang tidak bisa mengajar, tapi mumpuni di bidang tekhnologi.

Mayoritas yang terjadi, para mahasiswa yang jadi penjaga warnet adalah mereka yang dulunya atau sekarangnya dari jurusan IT. Kemungkinan lain yaitu mahasiswa-mahasiswa yang tergolong jomblo atau single untuk menghapus rasa kesepiannya.

Keuntungannya selain mendapat ongkos bayaran, tugas-tugas kuliah bisa dijamin terselesaikan tanpa menghabiskan uang. Kenapa? Karena dirinya sendiri yang jaga warnet, jadi tak perlu lagi mendatangi warnet atau beli pulsa modem buat mengerjakan tugas kuliah.

Kendala yang disayangkan yaitu, kewalahan dalam mengatur waktu karena jam kerja menjaga warnet harus shif-shift an. Jadi tidak jarang kalau mahasiswa penjaga warnet sering jatuh tertidur pada jam kuliah berlangsung.

7. Berbekal Modal, Membuka Lowongan Kerja dan Siap Mengembangkan Potensi Diri

  • Kerja Sampingan Mahasiswa Bikin Usaha Sendiri

    kerja sampingan mahasiswa buka usaha sendiri
    vancitybuzz.com

Pekerjaan satu ini bisa dikatakan luar biasa, karena adanya keberanian dalam mengambil resiko sudah dipikirkan. Pekerjaan ini dibilang paling menghasilkan dari pada yang lain, namun jarang pula diperhatikan.  Biasanya, dana modal yang dikumpulkan para mahasiswa adalah hasil yang dikumpulkan bersama teman-teman kuliah hingga jadi bisnis bersama.

Bisnis yang diambil biasanya seperti sablon kaos, jual nutrisi hidroponik, Jual Crystal X Asli, Jual Kacang Almond, jualan barang mainan tradisional atau sejenis makanan. Banyak keuntungan yang dapat diambil dari pekerjaan ini, salah satunya yaitu bisa mandiri. Mencoba untuk meneruskan bisnis ini sebagai sumber uang utama di masa yang akan datang merupakan target jangka panjang .

Keuletan dalam membangun usaha sendiri memiliki banyak manfaat yang nantinya sangatlah berguna bagi kehidupan. Untung rugi adalah suatu resiko yang harus dihadapi, karena roda kehidupan pastilah berputar. Sayangnya, bisnis ini dapat membuat kuliah agak terbengkalai jika tidak mampu membagi konsentrasi dan mengatur waktu sebaik mungkin.

8. Memanfaatkan media online sebagai peluang membuka ladang bisnis

  • Kerja Sampingan Mahasiswa Start Up Bisnis online

    kerja sampingan mahasiswa toko online
    franchiseindia.com

Peluang usaha membuka bisnis juga bisa dilakukan lewat media online, yang pada umumnya dinamakan bisnis online. Bisnis online  merupakan usaha yang menjanjikan juga, karena dengan modal kecil mampu memperoleh laba yang cukup memuaskan. Mahasiswa dengan segala pertimbangannya banyak yang menempuh cara yang satu ini.

Motivasi lain yang sering digunakan yaitu, karena bisnis di internet tidak mengeluarkan modal selain waktu dan tenaga. Ketahui pula, banyak sekali jenis usaha terbaru di internet yang menawarkan keuntungan bagi anggota yang bergabung. Pekerjaan online ini juga tidak terikat oleh suatu tempat, sehingga bisa dikerjakan dari rumah atau kos.

Dampak bagi mahasiswa terhadap kewajiban kuliahnya juga tidak terlalu besar, selama mampu memposisikan diri. Justru malah mendapat pengalaman di dunia perbisnisan online yang tidak diajarkan di dalam bangku perkuliahan.

9. Menggunakan Keterampilan untuk Menambah Uang Saku

  • Kerja Sampingan Mahasiswa sebagai Jasa Servis

    kerja part time mahasiswa jasa service
    thesupportshop.in

Semakin banyaknya jenis-jenis barang elektronik, dan mayoritas orang pasti memilikinya. Baik hp, laptop, radio, televisi dan lain-lain nantinya juga akan membutuhkan layanan perbaikan. Hal inilah yang menjadi peluang bagi mereka yang mampu di bidang elektronik, sedang penggunanya sendiri tidak mengerti cara memperbaikinya.

Instalasi perangkat lunak merupakan salah satu kebutuhan bagi orang awam di ranah perawatan komputer. Usaha ini merupakan suatu hal yang menguntungkan karena tidak membutuhkan banyak peralatan tapi keahlian dalam setting elektronik.

Servis ponsel juga salah satu usaha yang dibutuhkan banyak orang. Keterampilan jika dimanfaatkan menjadi ladang usaha terutama bagi para mahasiswa yang mencari kerja sampingan. Kebutuhan teknisi canggih saat ini semakin tinggi, terutama di kalangan para anak muda saat ini.

Jasa seperti ini tak cukup jika hanya ditawarkan lewat mulut saja, tapi secara online juga perlu dilakukan. Saat ini yang menjadi catatan penting yaitu sebisa mungkin memanfaatkan peluang dan kesempatan yang ada di sekitar.

10. Memanfaatkan Fasilitas yang Dimiliki, berupa Laptop

  • Kerja Sampingan Mahasiswa penyedia Jasa Pengetikan

    kerja sampingan mahasiswa jasa pengetikan
    creativeguerrillamarketing.com

Baca juga wawasan mengenai Tri Dharma Perguruan Tinggi, temukan pencerahan dan inspirasinya

Profesi dibidang jasa pengetikan merupakan suatu usaha mandiri seorang mahasiswa dengan modal yang kecil. Menjadi jasa pengetik tidak ada ruginya, selain menjadi kerja sampingan pemenuh kebutuhan, juga melatih kelenturan tangan dalam mengetik.

Hampir yang ada saat ini setiap mahasiswa memiliki laptop yang dapat dimanfaatkan guna memberikan layanan pengetikan dokumen. Teman kuliah, anak sekolah ataupun para pegawai kantoran sangatlah cocok menjadi target konsumen mahasiswa. Terutama yang ada di lokasi mahasiswa tinggal.

Dari penjabaran di atas, banyak sekali jenis peluang usaha yang dapat di lakoni oleh para mahasiswa sebagi pekerjaan sampingan. Ada pula diantara banyaknya pilihan yang telah terperinci itu bisa dipraktekkan tanpa modal sama sekali. Selain pekerjaan-pekerjaan diatas tadi, masih banyak pekerjaan yang cocok dan sesuai dengan kondisi mahasiswa.

Munculnya inisiatif bekerja paruh waktu salah satunya untuk menambah uang saku sebagai pemenuh kebutuhan. Menambah pengalaman sebagai mahasiswa juga menjadi kelebihan dari pekerjaan yang berani diambil oleh para individu. Menjadikan masa kuliah semakin lebih bermakna karena sudah kenal pada dunia kerja.

Penting juga bagi semua mahasiswa, bahwa pendidikan tetap menjadi suatu hal yang utama. Hidup ini pilihan, tinggal bagaimana cara menentukan sikap dan memilih pilihan yang ada. Usaha mahasiswa yang menjanjikan, akan menentukan kehidupan masyarakat di masa yang mendatang.

Jadilah pula mahasiswa yang terhormat, yang tidak hanya menengadahkan tangan pada orang tua saja. Sebaliknya, yaitu meringankan beban tanggungan orang tua dan bahkan malah membantu memenuhi kebutuhan orang tua. Kepada masyarakat pulalah mahasiswa memiliki kewajiban mengabdi.

Keberpihakan yang jelas juga harus ditanam oleh para mahasiswa yang nantinya menjadi penyalur aspirasi rakyat. Menjadi apapun nantinya, tetap tak lupa pada sejarah bangsanya. Jiwa nasionalisme tetap terpupuk rapi sehingga tetap bisa memposisikan diri agar tidak terperosok pada jurang keterlenaan.

[neuvoo_jobroll]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *