Jurusan-jurusan di STAN yang Menjanjikan beserta Program Studinya

Jurusan-jurusan di STAN — STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara merupakan perguruan tinggi yang bersifat ikatan dinas. Karena prospek kerjanya yang jelas dan gaji serta tunjangan besar, perguruan tinggi yang memiliki ikatan dinas dengan Kementerian Keuangan ini menjadi salah satu yang favorit diantara yang lain.

jurusan-jurusan di STAN
oberthurusa.com

Baca pula mengenai Prospek Kerja Akuntansi

STAN didirikan untuk memenuhi kebutuhan negara akan luusan berpendidikan akuntansi. Sekolah tinggi yang didirikan pada tahun 1977 ini memiliki sejumlah jurusan atau program studi dengan spesialisasi ilmu yang masing-masing berperan penting dalam pengaturan keuangan negara. STAN memiliki enam program studi reguler dan program studi non-reguler, yang mencakup:

Program studi reguler:

  • Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai
  • Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Kebendaharan Negara
  • Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Pajak
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Manajemen Aset / Pengurusan Piutang dan Lelang Negara
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Penilai/Pajak Bumi Bangunan
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Akuntansi

Program studi non-reguler:

  • Prodip IV Keuangan Spesialisasi Akuntansi
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Akuntansi dengan Kurikulum Khusus (Ajun Akuntan Khusus)
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Pajak dengan Kurikulum Khusus
  • Program Pendidikan Pembantu Akuntan (PA)

Jurusan STAN untuk Wanita

Demi memenuhi kebutuhan negara, tentunya kurikulum masing-masing jurusan di STAN sudah didesain khusus untuk menciptakan mahasiswa yang memiliki kompetensi. Dari sejumlah program studi di STAN, program diploma III kepabeanan dan cukai adalah satu-satunya jurusan yang mensyaratkan bagi pendaftarnya untuk berjenis kelamin pria.

Tentunya hal ini dilakukan mengingat lapangan pekerjaan kepabeanan dan cukai yang terletak di bandara maupun pelabuhan. Hal ini tentu akan memunculkan kesulitan terutama bagi wanita yang sudah berkeluarga. Terlepas dari itu, jurusan STAN yang lain tidak memberikan persyaratan khusus bagi pendaftar wanita.

Di bawah ini adalah penjelasan masing-masing jurusan di STAN:

Jurusan-jurusan di STAN

kuliah di STAN
kuliah di STAN

Ingin tahu rahasia masuk STAN? Mari simak Tips Masuk STAN

  1. Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai

            Jurusan ini memiliki dua strata yaitu diploma I dan diploma III. Program diploma III jurusan ini, sebagaimana dijelaskan di atas, memang mensyaratkan pendaftar berjenis kelamin pria. Sedangkan tingkat diploma I jurusan ini terbuka untuk pendaftar perempuan. Program studi ini adalah satu-satunya yang dilaksanakan semi militer.

Jurusan ini pada dasarnya berurusan dengan jual beli antar negara. Dengan kata lain, pengaturan ekspor dan impor adalah spesialisasi jurusan ini, termasuk pajak, pengurusan izin, dan persyaratakn ekspor-impor. Demi melakukan inspeksi pada barang-barang ekspor-impor, selain mempelajari mata kuliah yang berkaitan dengan keuangan, jurusan ini juga disyaratkan mempelajari struktur kimiawi material.

Pendidikan program studi diploma III dan diploma I dilaksanakan di kampus yang berbeda kota.

  1. Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Kebendaharan Negara

            Program studi spesialisasi kebendaharan negara. Program tudi ini, baik diploma III maupun diploma I, mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pengaturan kebendaharaan negara seperti penyusunan APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) baik pemerintahan daerah maupun pusat.

Selain perencanaan anggaran, jurusan ini juga mempelajari pengaturan inventaris aset negara, baik pemerintahan daerah maupun pusat. Secara umum, mata kuliah yang dipelajari mencakup keuangan, inventarisasi aset negara, hukum tata kelola keuangan negara, akuntansi pemerintahan, serta manajemen penyelenggaraan keuangan pemerintah.

Jurusan ini mengarahkan mahasiswanya menjadi bendahara pemerintah yang kompeten. Untuk tingkat diploma III dilaksanakan di kampus Bintaro, sedangkan diploma I pendidikannya dilaksanakan di sejumlah balai pelatihan kebendaharaan negara di beberapa kota.

  1. Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Pajak

            Jurusan ini adalah salah satu jurusan STAN yang paling diminati. Setiap tahun, kuota yang disediakan jurusan ini merupaka yang paling besar dibandingkan jurusan lain, karena peminatnya yang sangat banyak.

Secara umum jurusan ini disamping mempelajari penyusunan laporan perpajakan, juga mempelajari aktivitas tata usaha sekaligus administrasi pemungutan pajak, serta hubungannya dengan pemasukan dan pengeluaran negara. Prodi ini berbeda dengan prodi Spesialisasi Penilai/Pajak Bumi Bangunan.

Prodi tersebut, berkaitan dengan pengaturan pajak lahan dan bangunan yang berdiri diatas tanah negara. Prodi Spesialisasi Pajak lebih kepada pajak penghasilan, pajak penjualan barang mewah, serta pajak pertambahan nilai.

Diploma III untuk jurusan ini berkuliah di kampus Bintaro, sedangkan diploma I dilaksanakan di sejumlah pusat pelatihan pajak di berbagai kota.

  1. Prodip III Keuangan Spesialisasi Manajemen Aset/Pengurusan Piutang dan Lelang Negara

            Jurusan Spesialisasi Manajemen Aset / Pengurusan Piutang dan Lelang Negara berkaitan dengan usaha-usaha negara yang asetnya disewa oleh pihak swasta atau asing.

Lelang proyek negara juga dipelajari pengaturannya oleh jurusan ini. secara umum, jurusan ini mempelajari inventarisasi aset-aset negara yang mencakup pengelolaan, penagihan, serta upaya optimasi penggunaannya. Tentu aset-aset berikut penggunaannya ini memerlukan pengelolaan secara profesional, sehingga diciptakan jurusan tersebut.

Kurikulum jurusan ini didesain mengikuti kebutuhan negara akan hal tersebut.

  1. Prodip III Keuangan Spesialisasi Penilai/Pajak Bumi Bangunan

            Jurusan Spesialisasi Penilai/Pajak Bumi Bangunan mempelajari pengaturan perpajakan lahan dan bangunan yang berdiri di atas tanah negara. Yang diurus jurusan ini mencakup IMB atau Izin Mendirikan Bangunan, juga masalah pajak dan iuran kepemilikan bumi dan bangunan.

Selain itu, pajak kepemilikan lahan juga diatur oleh jurusan ini. hal ini dikarenakan setiap barang fisik padat yang didirikan di atas tanah negara diharuskan membayar iuran wajib kepemilikan bumi dan bangunan. Mangkir membayar pajak dan iuran ini tentunya akan dikategorikan sebagai pelanggaran hukum.

Mata kuliah jurusan ini mencakup prosedur pembayaran dan penyerahan aset negara, undang-undang agraria, serta tata kota. Lulusan jurusan ini akan bekerja di institusi yang mengatur pajak bumi dan bangunan.

  1. Prodip III Keuangan Spesialisasi Akuntansi

Jurusan yang cukup diminati di STAN selain spesialisasi pajak ini khusus mempelajari akuntansi manajerial, konseptual maupun praktikal. Kompetensi yang akan dimunculkan jurusan ini mencakup pencatatan, peringkasan, pengolahan, pengkajian, dan klarifikasi data transaksi keuangan yang berkaitan dengan negara.

Baca dan DAPATKAN juga wawasan mengenai Soal-soal Masuk STAN di ACADEMIC INDONESIA

Kemampuan untuk memproses laporan keuangan yang akurat merupakan target utama lulusan jurusan ini, karena laporan tersebut akan bertanggungjawab sebagai dasar penentu kebijakan instansi-instansi pemerintah.

Perbedaan dengan spesialisasi kebendaharaan adalah, kebendaharaan memiliki sifat yang lebih umum yang mencakup inventarisasi aset fisik, sedangkan akuntansi mengawasi semua aktivitas termasuk nominal uang yang digunakan dalam transaksi. Lulusan jurusan ini biasanya akan langsung diangkat sebagai aparatur pengelola keuangan negara.

***

Demikian adalah jurusan-jurusan di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Tentunya, berkuliah di kampus ini tidak dipungut biaya pendidikan dan tidak diasramakan, serta akan diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil setelah lulus.

Para CPNS ini kemudian akan ditempatkan di berbagai instansi dalam lingkungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan sesuai peraturan yang berlaku, baik pusat maupun daerah, sebagaimana aturan ikatan dinas berlaku. Apakah Anda sudah siap berkuliah di STAN?

Blogger Jogja Ambil Keilmuan Jurnalistik — Hobi Men-SEO-kan Konten — Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta — Gabung dan Dapatkan Berbagai Info Kampus di Komunitas Academic Indonesia Whatsapps di 0812-8307-7972

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *