16 Prospek Kerja Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Paling Cemerlang Abad Ini

269 views
jurusan bahasa dan sastra Indonesia
Pixabay.com

Kuliah jurusan bahasa? Mau jadi apa? Begitu sekiranya pertanyaan yang sering diterima saat mengambil kuliah jurusan bahasa dan sastra. Terkadang, banyak dari lulusan yang menanggapi pertanyaan tersebut dengan santai.

Namun tak jarang ada perasaan menyesal setelah mengambil jurusan tersebut. Jangan khawatir akan hal itu, sebab lulusan bahasa Indonesia bisa menjadi modal mendapatkan pekerjaan yang inovatif dan kreatif.

Prospek Kerja Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia

jurusan Bahasa Indonesia
Pixabay.com

Jika dibilang istimewa, bisa jadi. Sebab sampai saat ini Bahasa Indonesia menjadi satu dari sekian bahasa yang cukup banyak digunakan bahkan sampai mendunia.

Karena hal itulah menjadikan lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia kian banyak diminati sebab mampu menjadi prospek kerja cukup menjanjikan.

Mengingat Bahasa Indonesia adalah satu dari bahasa yang berpotensi di masa mendatang yang mana siapapun dapat mempelajari dengan mudah.

Selain itu, tidak sedikit pula perguruan-perguruan tinggi asing yang menerapkan materi Bahasa Indonesia kedalam salah satu kurikulum.

Ruang lingkung pembelajaran program studi Bahasa Indonesia memang seputar bahasa, sastra dan budaya. Oleh sebab itu, peluang terbaik bagi lulusannya adalah tidak jauh dari seputar ketiga materi studi tersebut.

Lulusan Bahasa Indonesia memang diajarkan materi terkait kemahiran atau kemampuan soal tata bahasa serta komunikasi baik lisan atau tertulis. Namun bukan berarti lulusan bahasa tidak mampu menguasai industri lain misalnya perbankan atau marketing.

Berikut ini disajikan 16 Prospek Kerja Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia yang bisa Anda lamar untuk mendapatkan karir impian.

1. Terbiasa Membaca dan Menulis Menuntut Anda Menjadi Jurnalis

Prospek Kerja Jurusan Bahasa Indonesia sebagai Jurnalis
Pixabay.com

Mampu menguasai bahasa verbal dengan benar dan menulis dengan baik, berarti sangat cocok bagi lulusan Bahasa Indonesia memasuki industri televisi dan berita. Sehingga peluang di bidang jurnalistik seperti presenter, wartawan atau pembaca berita jadi pilihan terbaik.

Ditambah perkembangan era, lulusan bahasa memilik tantangan yang harus dihadapi tetapi juga memiliki penghargaan karena mereka mampu menjadi jurnalis profesional. Sebagai modal awal, para lulusan harus terbiasa dengan dunia tulis menulis dan rajin membaca berita.

Bedanya dengan penulis, profesi jurnalis memiliki pengalaman lebih dari sekedar penulis. Sebab mereka dituntun untuk bisa melakukan pekerjaan lapangan atau di dalam studio.

2. Prospek Kerja di Bidang Perbankan

Menggabungkan pembelajaran bahasa dengan keahlian yang menyangkut bidang perbankan atau keuangan adalah cara terbaik bagi lulusan Bahasa Indonesia untuk mendapat pekerjaan. Dimana mereka bisa menempatkan keterampilan berbahasa dengan sangat baik saat bekerja.

Mereka yang bekerja secara profesional di perusahaan bank menggunakan bahasa di tempat kerja. Itu artinya, prospek pekerjaan di sektor perbankan memang bisa dibilang cocok bagi para lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia.

3. Prospek Kerja di Perusahaan Administrasi Publik

Lulusan Bahasa Indonesia juga mampu bekerja dengan baik di berbagai bidang dan sektor usaha termasuk bagian administrasi publik.

Meskipun karir tersebut tidak secara langsung berkaitan dengan subjek atau mata pelajaran yang pernah diperoleh saat kuliah, akan tetapi dimanapun ada kesempatan maka disana keterampilan berbahasa bisa digunakan.

4. Peluang Kerja sebagai Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia

Beberapa lulusan bahasa Indonesia ada yang mengejar kualifikasi pascasarjana mereka untuk bisa melanjutkan karir ke jenjang tingkat atas. Ini dapat membantu persaingan kerja menuju tingkat keahlian mengajar bidang bahasa lebih profesional.

Ada berbagai mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang diajarkan di perkuliaan. Anda bisa mengkhususkan diri untuk menjadi dosen yang berfokus pada pemahaman sastra Indonesia atau pendidikan Bahasa Indonesia. Semuanya bisa menjadi prospek kerja lulusan Bahasa Indonesia yang menguntungkan.

5. Bekerja sebagai Pegawai Penyiaran Umum

Keterampilan berbahasa Indonesia yang baik memiliki nilai tambah lebih di pasar kerja. Bahkan lebih dihargai termasuk menjadi penyiar. Bekerja di perusahaan penyiaran umum adalah posisi yang pas untuk lulusan yang berkaitan di bidang bahasa.

Seorang penyiar memiliki prospek kerja khusus dalam hal menangani dunia penyiaran karena dengan keterampilan Bahasa Indonesia yang dimiliki, maka dapat dinikmati dengan baik oleh para pendengarnya.

6. Prospek Kerja Mengelola Sosial Media

Memiliki gelar Bahasa dan Sastra Indonesia dapat berguna untuk semua jenis pekerjaan termasuk dalam bidang pemasaran. Di era modern, pemasaran dapat dilakukan secara mudah dengan menggunakan rangkaian aplikasi canggih yang salah satunya melalui media sosial.

Pemasaran produk lewat media sosial umumnya diisi oleh lulusan yang memiliki keterampilan baik dalam hal bahasa.

Jadi, Anda memiliki skill yang memadai dalam mengelola tulisan, maka pekerjaan berkaitan dengan pemasaran produk online adalah solusi tepat memiliki karir sebagai marketing sosial media.

7. Modal Pandai Menulis Bisa Jadi Penulis Profesional

Menulis kalimat adalah cara mengungkapkan pikiran dan gagasan. Ingin mendapatkan penghasilan atau bekerja paruh waktu, pekerjaan sebagai penulis tetap atau freelance di sebuah perusahaan adalah prospek sangat baik bagi lulusan Bahasa Indonesia.

Perusahaan advertising tak akan segan menerima Anda sebagai copywriter. Tugas Anda hanyalah menulis naskah iklan yang nantinya akan disiarkan lewat berbagai media seperti internet, media cetak, televisi dan radio.

8. Terampil Mengolah Bahasa Prospek Kerja Sebagai Blogger

Terbiasa untuk berfikir kritis dan melibatkan keterampilan mengolah bahasa menjadi tulisan yang menarik mampu mengantarkan lulusan Bahasa Indonesia ke karir yang menguntungkan.

Memanfaatkan keterampilan bahasa dapat menciptakan konten online yang berkualitas. Menjadi blogger bahasa dengan bekerja penuh atau paruh waktu, memungkinkan Anda menghabiskan waktu setiap saat untuk mempelajari bahasa dan membagikan pengalaman lewat tulisan kepada orang-orang di seluruh dunia.

Menjadi blogger juga memungkinkan lulusan Bahasa Indonesia bergerak bebas, bekerja kapan dan dimana saja serta fokus pada hal apa yang baru.

Lulusan yang memiliki kecintaan atau passion pada Bahasa Indonesia mampu menciptakan sumber daya online yang unik dan menghasilkan uang. Anda juga bisa membuka peluang usaha mandiri yang menawarkan profile penulis lepas kepada perusahaan online dan startup.

9. Staff Perhotelan dan Pariwisata

Menjadi staff atau karyawan layanan publik di perusahaan perhotelan dan pariwisata adalah profesi yang dapat diisi oleh lulusan bahasa. Di Indonesia, ada banyak tempat pariwisata yang pastinya mampu mendatangkan wisatawan lokal.

Sehingga tak sedikit kota yang menawarkan tempat menginap seperti hostel, resort atau hotel berbintang. Peluang besar pun terbuka bagi mereka yang mampu menggunakan keterampilan bahasa khususnya Bahasa Indonesia.

Lulusan, Bahasa dan Sastra Indonesia berpeluang menjadi staff perhotelan atau parwisata, bisa sebagai customer service ataupun pelayanan umum lainnya. Ini karena lulusan bahasa harus berurusan dengan orang-orang dengan memakai bahasa yang spontan, akurat dan komunikatif.

10. Peluang Besar Sebagai Guru Bahasa Indonesia

Profesi guru atau pembicara seminar jurnalistik merupakan hal yang membanggakan. Profesi ini dipandang sebagai pekerjaan yang mulia dan terhormat. Banyak pula yang menyebut bahwa menjadi seorang guru adalah tugas profesional yang dimiliki oleh seorang berketrampilan dalam bidang pelajaran tertentu.

Profesi sebagai guru Bahasa Indonesa adalah posisi yang sesuai untuk lulusan Bahasa Indonesia.

Misalnya lulusan pendidikan Bahasa Indonesia, merupakan lulusan yang berfokus pada bidang keguruan sehingga sayang jika tidak dimanfaatkan. Sekolah dalam negeri ataupun swasta adalah wadah dan tempat untuk mengembangkan karir.

Tak diragukan, kini sudah ada banyak lembaga bimbingan belajar yang bisa digunakan untuk mengisi waktu Anda mengajar mata pelajaran esklusif Bahasa Indonesia.

11. Prospek Kerja Sebagai Editor atau Penyunting Redaksi

Industri pengeditan dan penerbitan tidak hanya terbatas pada surat kabar, majalah atau penerbitan buku. Sebagian besar bisnis tersebut mengharuskan pekerjanya memilik kemampuan dalam hal mengedit salinan dan mengoreksi tulisan.

Belum lagi perusahaan menuntut karyawannya untuk dapat menguasai satu atau lebih bahasa (multibahasa). Disisi lain, perkembangan era digital memaksa masyarakat untuk dapat menguasai teknologi.

Kemunculan ebook, majalah atau buku elektronik masih tidak menyurutkan minat masyarakat untuk memilih buku. Tetap saja buku tidak dapat menggantikan peran media elektronik untuk memperoleh informasi secara lengkap dan nyaman untuk dibaca.

Sebelum buku atau teks bisa sampai ke tangan pembaca, maka tulisan dalam buku tersebut harus diedit dengan benar supaya menghasilkan ulasan yang menarik dan rapi. Dalam hal ini, peran seorang editor atau penyunting teks memang sangat diperlukan.

Tidak sedikit penerbit atau perusahaan media buku yang membuka peluang pekerjaan sebagai editor. Meskipun semua lulusan sarjana bisa memasuki posisi tersebut, akan tetapi kemampuan mengolah bahasa adalah kriteria yang pasti.

Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia menjadi nilai tambah tersendiri, terlebih jika pelamar mahir menulis dan mengedit. Menjadi editor bukan soal memperbaiki tata bahasa dan tulisan yang salah melainkan juga harus pandai memperbaiki dan mengkritisi tulisan.

Berkat terbiasa menulis dan membaca, lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia bisa mengajukan lamaran kerja sebagai editor. Karena itu salah satu prospek kerja terbaik jurusan Bahasa Indonesia.

12. Pemain Teater atau Seniman Sastra

Sejak masih menjadi mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia, drama menjadi salah satu mata kuliah yang diperkenalkan. Menulis naskah, mengkaji drama, apresiasi sastra hingga melakukan pementasan drama adalah tugas seorang mahasiswa bahasa.

Berkat adanya bekal dan keterampilan tersebut, bisa menjadi modal untuk mengasah skill berbahasa. Para artis atau pemain teater harus mampu menguasai naskah dan logat bahasa dengan sangat baik di muka penontong.

Prospek lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia bisa menjadi pemain teater, atau seniman profesional. Sutradara teater dan film asal Indonesia, Arifin C Noes sudah beberapa kali memenangkan Piala Citra sebagai penulis scenario terbaik.

Dirinya juga dikenal sebagai penulis naskah lakon dan sutradara produsen. Berkat kemampuannya dalam menulis naskah, Arifin telah mampu menghasilkan karya tulis baik naskah atau puisi.

Jadi bukan hanya kemampuan menulis, tetapi skill berbahasa adalah pekerjaan yang harus dimiliki seorang seniman teater dan sastrawan. Banyak lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia yang menjadi pemain teater dan sastrawan.

13. Instansi Pemerintah

Apapun posisinya, bekerja di instansi pemerintahan memang selalu menjamin gaji. Bekerja di lembaga pemerintas merupakan alternatif. Para lulusan bahasa yang ahli dan terlatih dapat melamar pekerjaan di sana, sebab hampir semua lembaga pemerintahan membutuhkan lulusan Bahasa Indonesia.

Memiliki skill berbahasa Indonesia dengan baik adalah salah satu acuan dan kriteria pemerintah dalam merekrut calon pegawai.
Saat ini instansi pemerintah juga sangat membutuhkan orang yang ahli berkomunikasi agar dapat memberikan layanan masyarakat yang memadai dan profesional.

Menjadi lulusan Bahasa Indonesia, bukan halangan untuk dapat mengisi posisi strategis sebagai staff pemerintahan dan berbagai bidang yang berkaitan dengan sosial kemasyarakatan.

14. Prospek Kerja Sebagai Sales Marketing

Menjual produk adalah tanggung jawab seorang yang berprofesi sebagai sales marketing. Dan hal paling penting bagi seorang sales marketing adalah kemampuan berbahasa. Komunikatif, santun dan ramah adalah modal agar pelangan tertarik dengan produk yang dipasarkan.

Perusahaan memiliki tujuan yang salah satunya yaitu bergantung pada kecepatan sales dalam menjualkan produk. Maka perlu adanya kinerja yang baik karena dampaknya akan berpengaruh pada proses produksi.

Mempromosikan produk secara berkala juga dapat mempertahankan kehadiran pelanggan lama sekaligus mendatangkan pelanggan baru. Pandai merayu, bagi seorang sales marketing sudah jadi tugas utama.

Selain aktif mencari target pasar, menyusun strategi lanjutan sudah jadi tanggung jawab seorang sales. Seorang sales marketing bisa medapatkan komisi atau penghasilan yang lumayan menggiurkan, belum lagi komisinya.

Kuncinya asalah pandai merayu, dan komunikatif dengan gaya bahasa yang baik dan sopan. Jangan berbasa-basi, gunakan skill Bahasa Indonesia untuk mendapatkan kepercayaan dari calon klien.

15. Bekerja di Perusahaan Periklanan

Perusahaan periklanan atau advertising membutuhkan lulusan yang tidak hanya berpusat pada sektor kemampuan teknologi software namun juga dunia perliklanan. Seperti diketahui, dalam membangun bisnis dan usaha, para investor periklanan mencari pekerja yang dapat membantu kelancaran usaha mereka.

Salah satunya, mampu mengemas iklan produk mereka menjadi lebih menarik sehingga dapat menyentuh seluruh elemen masyarakat.

Perusahaan periklanan atau istilahnya biro iklan adalah perusahaan yang membantu mengiklankan produk dari produsennya. Perusahaan akan menangani, merumusakan, merencanakan dan membuat materi iklan.

Di tahap akhir, tugas perusahaan adalah memasangkan iklan di media sosial atau media massa periklanan lainnya. Lalu mengapa lulusan Bahasa Indonesia sangat berpeluang?

Di dalam perusahaan terdapat beberapa jenis pekerjaan seperti manajemen akun, bidang kreatif, bidang media, bidang produksi, risert pemasaran dan konsultasi.

Sementara lulusan bahasa cocok ditempatkan pada pekerjaan bidang kreatif, bidang media atau produksi karena didalamnya bertusan membuat naskah untuk materi iklan.

16. Melirik Peluang Jadi Pengusaha Start Up

Pada akhirnya, yang paling menarik bagi lulusan Bahasa Indonesia adalah mengambil peluang untuk menjadi seorang pengusaha. Bidang startup adalah usaha yang saat berkembang pesat.

Komponen apa yang harus ada untuk mengembangkan startup? Tentu saja pemilik usaha harus menyajikan berita atau informasi baik dalam bentuk iklan produk, berita, tips trik dan sebagainya.

Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia tidak harus mentok pada profesi yang berkaitan dengan bidang pendidikan saja. Tapi saat ini, era sudah berubah menjadi dimensi yang lebih luas baik yang menyangkut dunia maya ataupun dunia nyata.

Lantas modal apa yang harus dimiliki seorang pengusaha Startup? Tulisan yang baik mampu mengantarakan kemana maksud dan tujuan produk akan berakhir.

Sudah pasti targetnya adalah pembaca atau viewer. Sehingga lulusan Bahasa Indonesia bisa membangun usaha startup dan mengelola situsnya dengan sajian berita atau iklan produk dengan bahasa yang menarik dan tepat sasaran.

Sebut saja Achmad Zacky yang sukses membangun startup Bukalapak, atau founder NuliBuku dikenal dengan Halimatussaidah.

Berkat kecintaanya membaca buku, akhirnya ia mendapat banyak ilmu dalam merangkai kalimat. Berlanjut menjadi hobi menulis dan berakhir dengan membuka usaha startup self-publising.

Dari sekian banyak prospek kerja jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, mana sekiranya yang cocok dengan skill Anda sebagai lulusan bahasa? Abaikan apa kata orang tentang “sulitnya mencari pekerjaan bagi lulusan Bahasa Indonesia”.

Karena sejatinya, lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia memiliki keterampilan dan kreatifitas baik dalam menguasai bahasa.

Semakin rajin membaca dan berkomunikasi, maka semakin besar peluang Anda menjadi karyawan pilihan di salah satu perusahaan yang sudah penulis paparkan diatas. Selamat bekarja!

Nah, jangan sampai kesalahan2 kecil di atas terulang kembali ya. Jika ada yg bingung, bisa ditanyakan. Sisanya diedit sendiri ya…

Info Kampus dan Sumber Referensi Kuliah Terlengkap Fanspage Academic Indonesia Group Fb Info Kampus Seluruh Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *