Jual Ready Mix Murah by Inforeadymix

Jual Ready Mix — Beton merupakan bahan material bangunan yang didapatkan dari mencampur semen, pasir, koral atu batu split dengan air menjadi satu kesatuan. Dari campuran beberapan bahan tersebut, lama kelamaan berdasarkan sifatnya akan mengeras.

pesan ready mix
images.searchpointer

Namun jika beton ditambahkan dengan besi tulangan baja maka dinamakan beton bertulang (reinforcement concrete). Pada zaman dahulu, beton hanya dibuat dengan batu kapur ditambahkan pasir, batu untuk membuat campuran atau adonan menjadi beton.

Dulunya beton diaduk secara manual menggunakan tangan hingga bercampur menjadi sebuah material yang dinamakan beton.

Meskipun memerlukan beton dalam jumlah banyak, tetap saja manual hingga menggunakan mesin molen untuk mempermudah manusia dalam membuat beton sudah menjadi lumrah.

Yang mana dalam aplikasikannya pun berubah termasuk prosedur dalam pembuatan beton (standar operation procedure).

Seiring berkembangnya teknologi apabila pembangunan yang membutuhkan beton dalam jumlah banyak dan pencapaian progress pekerjaan yang dikejar waktu.

Akhirnya muncul “readymix” sebagai solusi beton yang siap pakai dan bisa langsung digunakan.

Dengan kemajuan teknologi sekarang setiap manusia dibantu dan selalu dipermudah untuk menyelesaikan masalah-masalah atau dalam pekerjaan sehari-hari.

Apa Itu Ready Mix

jual ready mix murah
haifcompany

Ready mix adalah beton curah siap pakai yang dibuat oleh mesin yang dinamakan batching plant. Ready mix menjadi pilihan untuk pekerjaan yang membutuhkan beton (concrete) yang banyak dan membutuhkan percepatan progress pelaksanaan agar sesuai tepat waktu.

Ready mix juga dipilih karena ketepatan campuran dan waktu dimana mengaplikasikannya akan lebih hemat jika dibanding secara manual karena membutuhkan pekerja yang lebih banyak.

Dalam penggunaan dan pencampuran beton curah siap pakai (ready mix) ini membutuhkan beberapa peralatan mekanis yang wajib Anda ketahui. Berikut beberapa peralatan mekanis dan sarana yang digunakan dalam ready mix:

1. Batching Plant

Batching plant adalah tempat atau pabrik untuk pengolahan beton curah siap pakai (ready mix) yang dibangun secara khusus untuk proses pengadukan bahan material beton.

Bahan-bahannya meliputi semen, pasir, batu koral atau batu split dan air yang biasanya dengan volume takaran yang besar sesuai dengan kadar masing-masin yang telah direncananakan (job mix desain).

Jobmix desain digunakan agar dalam proses pengadukannya sesuai dengan karakteristik beton yang diinginkan.

Apabila sudah selesai, beton yang sudah ditentukan sesuai dengan mutu dan karakteristik beton yang dikehendaki, selanjutnya akan dimasukkan kedalam truk mixer (truk molen) untuk dikirimkan ke lokasi pengecoran yang telah ditetapkan.

Sebuah pabrik olahan beton atau batching plant dapat melayani pesanan dengan wilayah dengan area jangkauan tidak lebih dari 4 jam perjalanan. Karena kalau lebih dari itu, dikhawatirkan beton yang akan dikirim sudah tidak sesuai dengan mutu dan karakteristik beton yang diinginkan.

2. Truk Mixer (Truk Molen)

Truk mixer digunakan untuk pengangkutan ready mix concrete ke lokasi yang sudah ditetapkan untuk pengecoran.  Lazimnya ada dua tipe mobil truk mixer pengangkut ready mix concrete, yakni :

  • Truk mixer standar, truk ini biasanya mampu memuat beton hingga 7-8 m3 beton ready mix untuk sekali angkut. Namun begitu tetap saja harus memperhatikan akses lokasi pekerjaan apakah mampu untuk dilewati muatan sebesar itu.

Kelemahan dari truk mixer ini tidak bisa melewati jalan yang sempit atau menanjak ke lokasi pengecoran sehingga biasanya akan dikurangi volume beton untuk sekali angkut disesuaikan kemampuan akses jalan.

  • Truk mixer mini, truk tipe ini memuat lebih sedikit daripada tipe truk mixer standar yang biasanya mengangkut 3 m3 beton untuk sekali angkut. Untuk harga beton biasanya lebih mahal truk mixer ini daripada truk mixer standar. Ini karena truk mixer mini mempunyai kemampuan yang flexibel yang dapat mengakses medan jalan apapun ke lokasi pengecoran.

3. Pompa Beton (Concrete Pump)

Pompa beton atau concrete pump adalah mesin untuk mencurahkan beton di lapangan yang berfungsi menaikan beton dari truk mixer ke lokasi pengecoran. Pompa beton memiliki tangan berupa pipa-pipa yang bisa disambung untuk penuangan beton ke lokasi pengecoran. Tipe mesin ini memilki beberapa macam yang bisa disewa yakni :

  • Pompa Beton Tipe Mini, Pompa beton tipe jarak jangkauannya tidak begitu panjang dan lebih pendek dari tipe lainnya. Biasanya tipe pompa beton ini hanya mampu menjangkau ketinggian pompa 16 meter lebih yang digunakan untuk dua lantai ke bawah.
  • Pompa Beton Tipe Standar, Tipe pompa beton tipe ini jarak jangkauannya jauh lebih sedikit dari tipe pompa beton mini yang dapat digunakan untuk 18 – 20 meter tinggi bangunan.
  • Pompa Beton Tipe Long Boom, untuk tipe pompa beton long boom ini digunakan khusus untuk memompa beton ready mix dengan ketinggian jangkauan hingga 27 meter tinggi bangunan.
  • Pompa Beton Super Long Boom, untuk tipe pompa beton yang keempat ini mampu memompa beton ready mix hingga 33 meter lebih.
  • Pompa beton Super Double Long Boom, Pompa beton tipe ini merupakan yang paling mahal sewa harganya dari harga pompa yang diatas sebelumnya yang mana jangkauannya hingga 30 – 40 meter.
  • Pompa Beton Kodok, Pompa beton jenis berbeda dari tipe lainnya karena penggunaanya yang khusus memompa beton pada proyek pengecoran pembangunan bendungan, subway dan lainnya yang memerlukan jangkauan kejauhan hingga 100 – 200 meter.

Pada umumnya ready mix haruslah ditunjang dengan bekisting yang harus kuat dimana mampu menahan setiap tembakan boom yang lumayan kencang.

Apabila tidak diperhitungkan maka bisa mengakibatkan jebol pada lokasi pengecoran. Bekisting yang digunakan juga harus kuat agar bisa menahan perubahan struktur (settlement) pada saat proses pengeringan terjadi. Pada umumya umur beton mencapai kekuatannya pada saat 28 hari.

Kelebihan dari penggunaan beton ready mix antara lain :

  1. Pembelian material lebih mudah, Anda hanya perlu memesan mutu beton yang diinginkan dan lokasi pengecoran maka truk mixer akan siap mengantarkan beton siap pakai ke tempat pengecoran Anda.
  2. Lebih efektif dan efisien. Waktu penyelesaian akan lebih cepat dan tidak perlu banyak memerlukan tenaga kerja.
  3. Mutu lebih terjamin. Mutu dan karakteristik beton lebih terjamin karena mendapat jaminan dari penyedia ready mix beton tentang kualitas dan karakteristik beton yang diinginkan.
  4. Dapat menghasilkan mutu beton yang lebih tinggi, Jika Anda menggunakan beton site mix akan lebih susah untuk mendapatkan beton bermutu tinggi karena masih manual menggunakan peralatan terbatas, tenaga kerja dan pengendalian mutunya.

Nah pastinya akan lebih menguntungkan buat Anda yang membutuhkan beton (concrete) dalam jumlah besar.

Harga beton ready mix memang lebih besar dari harga beton site mix namun itu sebanding dengan apa yang akan Anda dapatkan dengan karakteristik dan mutu beton yang sesuai Anda inginkan. Jadi pesanlah beton ready mix sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jual Ready Mix Melayani Pemesanan Ready Mix

Demikianlah penjelasan kami mengenai ready mix. Selanjutnya, bila Anda membutuhkan ready mix di wilayah Anda guna menjalankan proyek Anda, kami bisa membantu Anda dengan penawaran harga yang cukup terjangkau.

Info lebih lanjut hubungi kami di Jual Ready Mix

Blogger Jogja Ambil Keilmuan Jurnalistik — Hobi Men-SEO-kan Konten — Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta — Gabung dan Dapatkan Berbagai Info Kampus di Komunitas Academic Indonesia Whatsapps di 0812-8307-7972

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *