Frame Media Republika.co.id dan Derasnya Desas-desus Dana Kemah

71 views
logo pemuda muhammadiyah
Ada banyak sudut pandang yangdihadirkan media dalam mengelola informasi yang disampaikan kepada publik, takterkecuali soal Dana Kemah Pemuda Islam 2017 yang menyeret Dahnil Anzar Simanjuntak.Dari banyaknya media yang hadir meliput berita tersebut, ada beberapa diantaranyaada yang pro, kontra; ada pula yang mencoba berada di posisi tengah.

Kali ini, penulis akan menyoroti bagaimana Republika sebagai media yang kontennya sebagian berisi tentang keislaman memframing kasus yang menyeret Mantan Ketua Pemuda Muhammadiyah tersebut. Perlu dijelaskan di awal bahwa acara ini sebenarnya sudah dilaksanakan sejak tahun 2017, namun kasus baru diungkit baru-baru ini; November-Desember 2018.

Framing Republika; SebuahPembelaan Melalui Konstruksi Media

Basically, setiap media mempunyai kekuasaan penuh untuk mengolah dakta serta data menjadi sebuah realitas baru yang barangkali bisa berbeda dengan realitas aslinya. Dalam hal ini, sebuah media bisa menggunakan teknik framing atau yang biasa disebut sebagai teknik pembingkaian.

Media offlline maupun onlinemembentuk sebuah situasi yang dibangun dengan prinsip-prinsip organisasi yangmengatur kejadian dan keterlibatan subyektivitas yang dimiliki di dalamnya(Erving Goffman: 1974). Lebih jelasnya lagi, framing juga merupakan sebuahinstrument atau alat untuk memesan informasi tentang apa yang dirasakankhalayak terhadap berbagai masalah politik (Chralotte Ryan: 1991).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *