Kajian Budaya Populer; Analisis Wacana Film Double Azab di Indosiar

181 views

Budaya Populer; Analisis Wacana Film Azab di Indosiar

Film sebagai Sarana Dakwah

Komodifikasi Agama di Dalam Film Azab; Kain Kafan Menghitam dan Jenajah Tersedot Lumpur karena Menjual Kerupuk Kulit dari Limbah Sepatu

Profil FTV

  Judul                           : Kain Kafan Menghitam dan Jenajah Tersedot Lumpur Hidup                                  Karena Menjual Kerupuk Kulit Dari Limbah Sepatu.

Genre                              : Religi.

Penulis Skenario          : Tim Kreatif MKF.

Penata Artistik             : Opan CJR.

Penata Kamera            : Catur Rizky Nugraha.

Penata Suara               : Iwan.

Editor                          : Taufik Kodra.

Penata Musik              : Fathir.

Koordinator Produksi : Gr. Hendra.

Sepervisi Pc Produksi : Norman Benny.

Produser                      : Sonu S, Sonya, Shalu Mulani.

Eksekutif Produser     : Subagio S.

Sutradara                     : Toto Hoedi.

Backsong                     : Bila Tiba dan Sesungguhnya (Ungu)

Actor Utama               : Vergi, Ega Olivia, Kenzi “Banyu”.

Film Azab di Indosiar
Film Azab di Indosiar

Analisis Wacana FTV Kain Kafan Menghitam dan Jenajah Tersedot Lumpur Hidup karena Menjual Kerupuk Kulit dari Limbah Sepatu.

Pada dasarnya, film adalah hasil dari representasi sosial yang sesungguhnya. Artinya, film dibuat untuk menegaskan kembali budaya-budaya film yang sebenarnya telah terjadi di masyarakat. Kami mencoba menganalisis sebuah film yang di dalamnya banyak kami temukan kejanggalan-kejanggalan yang menurut kami banyak bias di dalamnya, baik dari segi content, pengalaman pribadi maupun relasi sosialnya.

Analisis sederhana ini lebih berfokus pada teks dan gambar guna menggali wacana dibalik struktur. Analisis ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naratif dibantu pisau analisis wacana milik Van Djik. Adapun strukturnya meliputi struktur makro, superstruktur dan mikro.

1. Struktur Tematik

Elemen tematik adalah gambaran umum dari suatu teks. Bisa juga disebut gagasan inti, ringkasan, atau yang utama dari suatu teks. Topik atau tema menggambarkan apa yang ingin diungkapkan oleh penulis dalam ceritanya. Dalam analisis, topik atau tema suatu sinetron baru bisa disimpulkan kalau selesai menonton sampai tuntas sinetron tersebut. Dalam topik kita bisa mengetahui masalah dan tindakan yang diambil oleh redaktur.

Tematik film ini mengambil tema Azab; Kain Kafan Menghitam dan Jenajah Tersedot Lumpur karena Menjual Kerupuk Kulit dari Limbah Sepatu. Mengapa tema besar film tersebut tidak menggunakan kata “hukuman”, “siksaan” namun lebih memilih kata “azab”? Pemilihan kata “azab” bukan tanpa maksud, seorang sutradara sengaja memilih kata tersebut untuk menekankan bahwa kata tersebut merupakan hiperbola untuk menggambarkan kondisi yang sangat buruk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *