Contoh Surat Kunjungan ke Redaksi Media Massa

mynewsla.com
mynewsla.com

KOP SURAT

Nomor             : 01/A/PT Hasan Berkah Melimpah/XII/2013                            Yogyakarta, 28 Desember 2015

Lamp.              : –

Hal                  : Kunjungan Redaksi Academic Indonesia

 

Kepada Yth.

Pimpinan Redaksi Media Online Academic Indonesia

di –    Tempat

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam silaturrahim kami sampaikan semoga Allah SWT senantiasa memberikan limpahan taufiq dan hidayah kepada kita dalam menjalankan tugas sehari – hari. Amin.

Sehubungan dengan akan diadakannya Program Tebar Seribu Genset untuk Masjid bekerja sama dengan Pusat Pengusaha Mulim yang InsyaAllah akan diselenggarakan pada:

Hari, tanggal   : Jumat, 3 Januari 2016

Waktu              : Pukul 12.00-12.30 WIB

Tempat            : Lapangan Gelora Bungkarno

Agar program diatas dapat bermanfaat secara luas, kami perwakilan panitia dari PT Hasan Kaya Melimpah beserta Pengurus Pusat Pengusaha Muslim bermaksud melakukan kunjungan Pimpinan Redaksi Media Online Academic Indonesia.

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan terkabulnya permohonan ini,  kami ucapkan terima kasih.

 Wassalamu’alaikum Wr.Wb.                                                                                      

Yogyakarta,  28 Desember 2015

 

Muhammad Hasan

Direktur PT Hasan Kaya Melimpah

 

Surat di atas adalah contoh surat kunjungan redaksi salah satu media massa. Surat kunjungan redaksi adalah surat yang digunakan oleh berbagai lembaga, perusahaan, CEO, event organiser atau sebuah kelompok untuk meminta bantuan media terkait publikasi acara. Adapun kegiatannya bisa meliputi event, lomba, atau kegiatan-kegiatan komunitas.

Adapun prosedurnya cukup mudah, bila Anda mempunyai event seminar atau yang berkaitan dengan masyarakat umum Anda bisa bekerja sama dengan media dalam hal publikasi. Caranya, pertama Anda tulis surat kunjungan redaksi seperti di atas.

Kedua, Anda lalu mengirimkannya ke kantor redaksi media yang Anda tuju. Jangan lupa cantumkan nomer telephon yang dapat dihubungi. Jadi, di amksimal 3 hari Anda akan menerima telephon untuk datang ke media bersangkutan.

Saat Anda di telephon, Anda akan mendapatkan jadwal khusus mengenai kapan kunjungan redaksi Anda. Berterus teranglah, bila bisa katakan bisa, namun bila waktu berbenturan dengan acara yang lebih penting saya sarankan Anda menegosiasi kembali.

Hal tersebut penting sebab usahakan Anda datang tepat waktu, lebih baiknya lagi datang 10 sampai 15 menit sebelum Anda bertemu dengan kepala redaksi media.

Utarakan Event Anda

Saat Anda bertemu dengan kepala redaksi, utarakan secara runtut event yang akan Anda selenggarakan. Pertama barangkali Anda bisa menyebutkan acara yang akan Anda laksanakan. Setelah itu jelaskan mengenai latar belakang mengapa acara tersebut diadakan.

Selanjutnya, Anda dapat mengulas mengenai target peserta mulai dari umur, jenis kelamin, sampai target yang akan mengikuti event yang akan Anda adakan. Baru kemudian Anda bisa menjelaskan mengenai kapan acara tersebut dilaksanakan. Jelaskanlah secara rinci dan memukau.

Intinya, hal yang tak boleh terlewat adalah komunikasi Anda harus menunjukkan bahwa acara yang Anda buat adalah acara yang berkualitas. Semakin pemaparan Anda runtut, mudah dicerna dan mengandung banyak nilai lebih tentu akan mendapat perhatian besar dari media.

Maksud dari mendapat perhatian lebih nantinya publikasi event Anda akan diberikan porsi yang lebih. Ya, selain Anda bisa menampilkan foto dari panitia, Anda juga mendapat penjelasan terkait event Anda (review) dari media yang besar dan terpercaya.

Nah itu tadi penjelasan singkat mengenai surat kunjungan redaksi media massa. Barangkali Anda bisa mempraktikkannya langsung, kapan lagi event Anda mendapat publikasi luas secara cuma-cuma?

 

Blogger Jogja Ambil Keilmuan Jurnalistik — Hobi Men-SEO-kan Konten — Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta — Gabung dan Dapatkan Berbagai Info Kampus di Komunitas Academic Indonesia Whatsapps di 0812-8307-7972

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *