Contoh Laporan Praktikum yang Benar

Contoh Laporan Praktikum yang Benar
Pixabay.com

ACADEMIC INDONESIA — Biologi adalah pelajaran sekolah yang selalu membutuhkan penelitian. Sebab Biologi adalah ilmu yang berkaitan dengan alam yang perlu diteliti untuk mencari penemuan-penemuan baru yang ada. Artikel ini akan mengulas lebih lanjut tentang contoh laporan praktikum biologi.

Bagi Anda siswa SMA yang mengambil jurusan Biologi, jangan kaget jika mata pelajaran kalian akan lebih sering bertemu dengan praktikum atau contoh karya ilmiah tentang Biologi.

Meskipun tetap masih ada beberapa teori di kelas, namun praktikum juga menjadi rangkaian pembelajaran anak Biologi.

Bagi Anda yang sedang bingung seperti apa sih contoh laporan praktikum biologi itu?  Tenang, di bawah ini akan menuliskan sebuah laporan mengenai praktikum Biologi tentang seleksi alam.

Dengan Anda membaca contoh laporan praktikum biologi ini, Anda akan memiliki gambaran umum, seperti apa sih laporan praktikum itu sendiri? Untuk lebih jelasnya simk uraiannya di bawah ini.

Contoh Laporan Praktikum Biologi tentang Seleksi Alam

1. LATAR BELAKANG

Evolusi telah mempengaruhi setiap aspek dari bentuk dan perilaku sebuah organisme. Hal yang paling terlihat adalah adanya adaptasi perilaku dan fisik yang diakibatkan oleh seleksi alam ini.

Adaptasi-adaptasi inilah yang  meningkatkan kebugaran, di mana dengan adaptasi akan membantu aktivitas seperti menemukan makanan, menghindari predator dan menarik lawan. Organisme juga dapat merespon terhadap seleksi dengan berkooperasi satu sama lainnya.

Ya, pada umumnya berkooperasinya ini terlihat dari cara saling membantu dalam simbiosis. Dalam jangka waktu yang lama, evolusipun menghasilkan spesies yang baru. Spesies baru ini dihasilkan melalui pemisahan populasi leluhur organisme menjadi kelompok baru yang tidak akan bercampur melalui kawin.

Adaptsi sendiri merupakan struktur atau perilaku yang meningkatkan fungsi organ tertentu. Di mana akan menyebabkan organisme menjadi lebih baik dalam bertahan hidup dan bereproduksi.

Hal ini diakibatkan oleh kombinasi perubahan acak dalam skala kecil pada sifat organisme secara terus menerus. Di mana akan diikuti oleh seleksi alam varian yang paling cocok terhadap lingkungannya.

Proses ini dapat menyebabkan penambahan ciri-ciri baru ataupun kehilangan ciri-ciri leluhur.

Dari penjelasan di atas bisa diketahui bahwa seleksi alam merupakan salah satu faktor pendorong terjadinya evolusi menurut Teori Darwin. Oleh sebab itu penulis melakukan praktik simulasi seleksi alam untuk mengetahui lebih lanjut proses seleksi alam.

Selain itu penulis juga ingin mengetahu faktor apa saja yang mempengaruhi seleksi alam sebagai salah satu proses pembelajaran mengenai materi tentang Evolusi.

2. TUJUAN PRAKTIKUM

  1. Penulis ingin membutikan bahwasannya evolusi dapat terjadi dari akibat proses seleksi alam dan adaptasi.
  2. Penulis ingin mengetahui dan memahami hubungan antara seleksi dan proses adaptasi.

 

BAB II

Metode Penelitian

1. PELAKSANAAN

Waktu : Kamis, 17 Juni 2015

Tempat : Lapangan Sidomukti

2. ALAT DAN BAHAN

  1. Kertas berwarna kuning, hitam, biru dan juga pink
  2. Gunting
  3. Penggaris
  4. Sopwach
  5. Tali rafia
  6. Tempat kertas

 

3. PROSEDUR KERJA

Penulis memotong kertas karton berwarna hitam, biru, kuning dan juga pink masing-masing sebanyak seratus buah. Lalu memasukkan semua potongan kertas tersebut ke dalam sebuah wadah. Campurkan secara merata kertas berwarna tersebut dalam wadah.

Penulis mengukur area tanah yang memiliki rumput seluas 1 x 1 meter dan memberi batas dengan menggunakan tali rafia. Lalu menyebarkan semua potongan kertas pada area tanah berumput yang sudah diukur tadi.

Maka setiap predator akan mengambil potongan daun tersebut selama satu menit dengan cara bergantian. Ketika satu predator mengambil potongan kertas itu, penulispun menulis jumlah masing-masing kertas yang terambil oleh predator pada lembar kerja.

Penulispun kembali menyebarkan potongan kertas yang terambil ke area tanah berumput agar jumalh potongan kertas kembali seratus buah.

1. BAHAN DISKUSI

  1. Kertas dengan warna apakah yang paling banyak diambil predator? Mengapa bisa demikian?
  2. Kertas dengan warna apa yang sedikit diambil oleh predator? Mengapa bisa demikian?
  3. Kertas dengan warna apa yang paling banyak tersisa? Mengapa bisa demikian?
  4. Kertas dengan warna apa yang paling sedikit tersisa? Mengapa bisa demikian?
  5. Bagaimanakah jumlah perbandingan antara 4 poin pertanyaan di sebelumnya?
  6. Di dalam percoban ini kertas menggambarkan apa? Pengambilan kertas menggambarkan apa?
  7. Apakah percobaan yang telah dilakukan penulis mempermudah pemahaman pembaca tentang proses seleksi alam dan adaptasi?

 

1. HASIL PRAKTIKUM

Kertas dengan warna pink adalah kertas yang paling banyak diambil karena kertas pink tidak mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Sehingga lebih banyak dimangsa oleh predator. Adapun kertas dengan warna kuning mampu menyesuaikan diri dengan baik apabila dibandingkan dengan kertas berwarna pink.

Lalu bagaimanakah dengan kertas yang lain? Kertas berwarna biru yang terambil pada setiap urutaannya bisa dikatakan relatif tetap. Hal ini disebabkan kertas warna biru memiliki kemampuan adaptasi terhadap lingkungannya yang stabil.

Kemampuan adaptasi kertas warna biru inipun membuat proses seleksi alam yang dialami juga relatif tetap. Lalu beralih ke kertas warna kuning yang terambil pada setiap urutannya bisa dikatakan relatif menurun.

Hal ini disebabkan kertas warna kuning memiliki kemampuan adaptasi yang cukup baik. Sehingga proses seleksi alam yang di hadapi makin sedikit. Untuk kertas berwarna hitam yang terambil cenderung menurun secara signifikan.

Hal itu dikarenakan kertas berwarna hitam terlihat samar dalam lahan dengan rumput yang tebal. Jadi apabila dianalogikan kepada makhluk hidup, maka makhluk hidup tersebut sangat baik dalam melakukan proses adaptasi terhadap lingkungan. Proses adaptasi inilah yang menyebabkan jumlah yang terseleksi alam sangat sedikit.

Selanjutnya untuk kertas berwarna pink yang terambil cenderung semakin banyak. Mengapa? Hal ini  dikarenakan warna pink ini adalah warna yang mencolok. Jadi warna pink menjadi mudah terlihat oleh predator.

Hal ini menunjukkan bahwa kertas berwarna pink memiliki kemampuan adaptasi yang buruk. Kemudian  mengalami seleksi alam yang paling signifikan. Kertas itu menggambarkan makhluk hidup yang berada di suatu lingkungan. Adapun pengambilan kertas ini menggambarkan seleksi alam dan adaptasi.

Ya, adanya percobaan yang dilakukan penulis akan sangat mempermudah pemahaman siswa tentang proses seleksi alam dan juga adaptasi. Hal ini disebabkan dengan adanya percobaan tersebut, maka siswa dapat mengetahui bahwa alam melakukan seleksi terhadap makhluk hidup yang berada di lingkungannya.

Bagi makhluk hidup yang bisa melakukan adaptasi, maka ia akan terus bertahan. Adapun bagi makhluk hidup yang tidak bisa beradaptasi akan terseleksi alam.

 

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Berdasarkan hasil pengamatan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ternyata kertas yang berwarna pink adalah kertas yang paling banyak terambil.

Adapun kertas berwarna kuning  yang paling sedikit terambil. Faktor yang mendasari atau  mempengaruhinya adalah cara adaptasi warna terhadap lingkungan persebarannya.

Seperti itulah yang bisa kami bagi mengenai contoh laporan praktikum Biologi. Selebihnya, Anda bisa membaca di buku, jurnal atau media massa seperti Jogja Post, Kedaulatan Rakyat dan sebagainya

Semangat belajar membuat laporan!

Blogger Jogja Ambil Keilmuan Jurnalistik — Hobi Men-SEO-kan Konten — Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta — Gabung dan Dapatkan Berbagai Info Kampus di Komunitas Academic Indonesia Whatsapps di 0812-8307-7972

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *