3 Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum

507 views

 Contoh  Kata Pengantar Laporan Praktikum — Kata pengantar adalah ucapan syukur penulis atas makalah, laporan atau proposal yang telah ia tuliskan. Lalu bagaimana ya cara menulis kata pengantar jika untuk laporan praktikum? Anda bisa langsung melihat 3 contoh kata pengantar laporan praktikum di bawah ini.

Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum
pixabay.com

Kata pengantar laporan praktikum adalah salah satu unsur pelengkap yang sangat disyangkan jika Anda lewatkan. Sebab kata pengantar adalah mengintrepertasikan rasa syukur penulis terhadap hasil karya tulisannya.

Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum

1. Kata Pengantar Praktikum Kimia

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa (YME). Di mana Tuhan YME telah memberikan rahmat dan karunia-Nya. Sehingga kami dari kelompok sehingga kami dapat melaksanakan sebuah praktikum dan menyelesaikannya dengan baik.

Sehingga akhirnya terusunlah sebuah laporan resmi praktikum kimia ini. Laporan ini telah kami susun dengan sistematis dan sebaik mungkin. Hal ini bertujuan untuk memenuhi tugas Praktikum Kimia Dasar I.

Dengan selesainya laporan resmi praktikum ini, maka kami tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyusunan laporan praktikum Kimia ini.  Khususnya kepada :

  1. Kepada Ibu Tika Nasrullah, ST, MT, selaku dosen pengampu mata kuliah Praktikum Kimia Dasar I.
  2. Kepada para asisten laboratorium Kimia yang senantiasa sabar menghadapi kelompok kami selama praktikum
  3. Orang tua kami yang telah mendoakan kelancaran kuliah kami.
  4. Seluruh teman-teman yang berkenan saling membantu menyelesikan laporan praktikum kimia ini.

Demikian ini laporan Praktikum Kimia Dasar I yang telah kami buat. Kami  mohon kritik dan sarannya apabila terdapat kekurangan dalam penyusunan laporan ini. Semoga laporan Praktikum Kimia Dasar I ini dapat bermanfaat bagi semua pihak. Juga bermanfaat bagi kami selaku penulis.

 

Semarang, 14 Desember  2016

Penyusun,

Kelompok 09

 

2. Contoh Kata Pengantar Praktikum Media

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan kesempatan, kekuatan dan kesehatan untuk bisa melaksanakan Praktikum Media. Alhamdulillah, praktikum media berjalan dengan lancar dan penuh dengan kemudahan.

Berkat rahmat, taufiq dan hidayah-Nya pula penulis mampu menyelesaikan Praktikum Media Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi Universitas Cenderawasih Yogyakarta di LPP RRI Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tak  lupa Sholawat serta salam selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, beserta keluarganya, sahabatnya, dan orang-orang yang berjalan di atas Manhajnya hingga akhir zaman.

Sejak tanggal 19 September sampai dengan tanggal 19 Oktober 2016, penulis mengikuti kegiatan Praktikum Media di LPP RRI  Daerah Istimewa Yogyakarta.Waktu satu bulan merupakan rentang waktu yang singkat namun sangat berharga untuk mengaplikasikan ilmu dari proses perkuliahan dan prakteknya pada dunia kerja yang  nyata.

Pada kesempatan Praktikum Media inilah penulis mampu menyelaraskan, mempertimbangkan dan menggunakan kesesuaian antara teori dan praktek. Praktikum Media yang dilakukan di LPP RRI Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

Semoga  mampu  memberikan manfaat  dan pengalaman yang berharga untuk penulis. Serta untuk semua mahasiswa yang menggeluti di bidang komunikasi, khususnya di bidang  Jurnalistik.

Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses penyelesaian dan penulisan hasil  laporan praktikum ini. Dengan segala kerendahan hati penulis ingin mengucapkan terimakasih yang tulus kepada:

  1. Bapak Drs.Ilham Nur Fauzi, Ph.D., selaku rektor Universitas Cenderawasih.
  2. Bapak Dr. Dian Siswanto, M.Si selaku Dekan Fakultas Komunikasi Universitas Cenderawasih..
  3. Iman Nawawi, M.Pd selaku Ketua Program Studi Illmu, Fakultas Komunikasi, Universitas Cenderawasih.
  4. Bapak Fariz Arul, S.Sos, M.Si,  selaku ketua panitia Praktikum Media.
  5. Ibu Dra. Sumarlina selaku Kepala Stasiun TVRI Daerah Istimewa Yogyakarta
  6. Ibu Win selaku Humas yang menangani magang di LPP RRI  Daerah Istimewa Yogyakarta
  7. Bapak Bambang Dwiyana S,Sos selaku kepala bidang pemberitaan.
  8. Bapak Drs.Atang Basuki  Seksi Liputan Berita  dan Dokumentasi sekaligus Pembimbing Praktikum Lapangan LPP RRI  D.I. Yogyakarta yang dengan sabar membimbing dan membagi ilmu serta pengetahuannya tentang Liputan dan pemberitaan.
  9. Mas Rosihan Anwar selaku pembimbing magang yang telah memberikan banyak ilmu dan mentor umtuk memberikan segala hal baru tentang liputan dan pemberitaan.
  10. Semua kerabat kerja program pemberitaan LPP RRI Daerah Istimewa Yogyakarta,yang tak pernah lelah membagi ilmu, arahan, serta pengalaman dalam memproduksi acara-acara yang berkualitas,
  11. Seluruh teman teman magang seperjuangan dari UMY Isti,Farid dari UNRI Nisa,Ristin,bang Wan dan teman magang lainya Pundhi,Jojo,Tika dll.
  12. Seluruh sahabat KPI seperjuangan yang melaksanakan praktikum media di TVRI Stasiun Daerah Istimewa Yogyakarta, yakni Nurhayati.
  13. Tak lupa juga kepada Keluarga di rumah yang selalu memberikan support dan Keluarga Kedua Komunitas Cahaya atas semua pelajaran berharganya.

 

Yogyakarta,11 November  2016

Penulis,

Iin Cahyati

NIM: 2011210030

 

3. Kata Pengantar Praktikum Biologi

Alhamdulillahirobbilalamin, kami sampaikan atas nikmat yang Allah berikan kepada kami. Segala pujia kami panjatkan untuk Allah SWT. Atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya.

Yas, salam sejahtera, kami persembahkan kepada alam semesta dan seisinya. Kepada Sang Pemberi Nikmat tiada tara, Sang Kreator Dunia, Allah dan Rasul-Nya.

Atas segala karunia Allah,Sehingga kami dari kelompok psehingga kami dapat melaksanakan sebuah praktikum Biologi dan menyelesaikannya dengan baik meski jauh dari kata sempurna.

Laporan ini telah kami susun sesuai hasil praktikum selama 3 hari di laboratorium Fisiologi dan Biokimia Ternak. Hal ini bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Biologi.

Dengan selesainya laporan resmi praktikum ini, maka kami tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyusunan laporan praktikum Kimia ini.  Khususnya kepada :

  1. Kepada Bapak Ahmadi, S.Bio, MT, selaku dosen pengampu mata kuliah Biologi.
  2. Kepada Ibu Fia Rosyita, S.Si, ketua laboratorium Fisiologi dan Biokimia Ternak yang berkenan meminjamkan tempat selama praktikum.
  3. Kepada para asisten laboratorium Biologi yang selalu sabar dan perhatian menghadapi kelompok kami selama praktikum.
  4. Seluruh teman-teman kelas yang berkenan saling membantu menyelesikan laporan praktikum Biologi.

Demikian laporan praktikum ini kami buat. Disadari atau tidak, mungkin dalam penulisan laporan praktikum ini masih sangat jauh dari kata sempurna. Kami mohon maaf apabila masih ada banyak kekurangan.

Semoga laporan praktikum Biologi yang telah kami susun berdasarkan hasil penelitian selama 3 hari ini dapat bermanfaat bagi semua pihak. Khususnya juga bermanfaat bagi kami selaku kelompok 01.

Bandung, 15 Nopember  2016

Penyusun,

Kelompok 01

 

***

Nah, seperti itulah 3 contoh kata pengantar laporan praktikum yang bisa kami bagikan kepada Anda para pembaca. Membuat kata pengantar tidaklah serumit ketika membuat laporan. Sebab kata pengantar hanyalah wujud syukur penulis terhadap hasil penulisan laporan Anda.

Info Kampus dan Sumber Referensi Kuliah Terlengkap Fanspage Academic Indonesia Group Fb Info Kampus Seluruh Indonesia