14 Cara Menabung yang Baik dan Efektif untuk Mahasiswa

Cara Menabung yang Baik dan Efektif – Mahasiswa merupakan fase pemantapan jati diri yang telah dicari semasa SMA. Banyak dari pelajar lulusan SMA ini melanjutkan pendidikan Strata 1-nya di perguruan tinggi yang terletak di kota yang berbeda dengan tempat tinggalnya. Beberapa pelajar bahkan rela meninggal rumah mereka untuk merantau ke pulau lain.

cara menabung yang menyenangkan
flipkey.com

Terkadang kehidupan di tanah rantau bisa berbalik seratus delapanpuluh derajat dari kehidupan di rumah. Ketika kita hidup di rumah bersama dengan orangtua, hampir semua kebutuhan kita sudah dipenuhi oleh orangtua. Berbeda dengan kehidupan di tanah rantau yang harus kita penuhi secara mandiri.

Bagi beberapa ‘mahasiswa rantau’ masalah yang timbul kemudian adalah sulitnya mengelola uang kiriman dari orangtua. Tidak sedikit yang jatah uang sakunya lantas habis sebelum genap sebulan. Di saat-saat seperti itu, ‘mahasiswa rantau’ akan mulai mencari berbagai solusi keuangan.

Cara Menabung yang Baik dan Efektif

cara menabung mudah dan menyenangkan
kaleidoscopefestival.co.uk

Menabung, menjadi salah satu alternatif pilihan untuk menghemat uang. Sayangnya, tidak semua ‘mahasiswa rantau’ terbiasa menabung. Sebagian dari ‘mahasiswa rantau’ mungkin tidak terbiasa menabung. Akhirnya, beberapa dari mereka mampu menabung di awal bulan, namun diambil lagi diakhir bulan.

Melihat kasus-kasus menabung yang seperti itu, beberapa ‘mahasiswa rantau’ kemudian merasa gagal dalam menabung. Tidak jarang yang kemudian putus asa untuk menabung. Padahal sebenarnya, ada beberapa tips dan trik yang bisa diterapkan untuk memudahkan ‘mahasiswa rantau’ untuk menabung.

Berikut adalah beberapa cara menabung yang baik dan efektif untuk mahaiswa yang bisa diterapkan.

1. Pangkas Jatah Uang dari Orang Tua

cara menabung sederhana
iheartintelligence.com

Pertama, biasakan memotong jatah uang dari orangtua di awal pengiriman. Misalnya, orangtua baru saja mengirim uang senilai duaratus limapuluh ribu rupiah, maka simpan yang limapuluh ribu rupiah ditempat yang berbeda sebagai uang tabungan.

Hal ini bisa membantu ‘mahasiswa rantau’ untuk berhemat dan sekaligus menabung. Uang yang sudah dipotong terlebih dahulu bisa menjadi uang tabungan yang siap digunakan dalam keadaan tertentu. Dengan pemotongan uang diawal tentu ‘mahasiswa rantau’ memiliki opsi baru untuk memenuhi kebutuhan mereka.

2. Membuat Rancangan Pengeluaran

cara menabung yang tepat
theodysseyonline.com

Cara menabung yang baik dan efektif untuk mahasiswa yang kedua adalah buatlah rancangan pengeluaran selama sebulan. Dengan membuat rancangan pengeluaran, maka kita dapat mengantisipasi pengeluaran yang tidak perlu. Misalnya pengeluaran untuk membeli makanan atau pakaian yang berlebihan. Terutama untuk mahasiswi yang senang berbelanja.

3. Amanahkan kepada Teman

cara menabung yang mudah
investmentzen.com

Selain dua cara menabung yang baik dan efektif diatas, ada cara menabung yang baik dan efektif untuk mahasiswa yang ketiga, yaitu minta tolong teman untuk memegang sebagian uang jajan kamu. Selain akan kesulitan untuk mengambil uang, kita juga terbantu untuk menjaga jatah uang  jajan kita. Pastikan juga bahwa teman mu adalah seseorang yang bisa dipercaya.

4. Buat Tabungan Darurat

cara menabung untuk keperluan darurat
themerkle.com

Tips keempat dari cara menabung yang baik dan efektif untuk mahasiswa adalah menyimpan uang di berbagai tempat. Selain menyimpan di dompet, kita juga bisa menyimpan di lemari pakaian atau kotak pensil. Hal ini bisa menjadi tabungan darurat ketika kita membutuhkan uang pada waktu tertentu.

5. Menabung di Berbagai Tempat

cara menabung yang bagus
redbookmag.com

Cara menabung yang baik dan efektif untuk mahasiswa yang kelima, menabung tidak harus di celengan atau dalam rekening di Bank. Sebagai mahasiswa yang kreatif, kita bisa saja memikirkan alat atau media apapun untuk menyimpan uang kita. Misalnya menggunakan bambu atau kaleng roti bekas.

Berbicara mengenai media penyimpanan uang dalam cara menabung yang baik dan efektif untuk mahasiswa bagian sebelumnya. Semakin menarik atau kreatif desain celengan bisa meningkatkan semangat kita dalam menabung. Media penyimpanan tersebut juga tidak harus didapat dengan membeli, kita bisa saja membuatnya sesuai selera kita sendiri.

Media penyimpanan uang atau celengan bisa terbuat dari kaleng bekas roti, kardus sepatu bekas, atau bahkan pipa bekas yang tidak terpakai. Selain bisa membuat dengan barang bekas atau barang tak terpakai. Kita juga bisa menghias celengan kita sesuai selera kita.

Misalnya kita bisa menambahkan foto barang-barang yang ingin kita beli dengan uang tersebut. Selanjutnya kita juga bisa menghiasinya dengan lukisan dari cat air atau pasir warna. Tips ini juga bisa digunakan untuk memperkenalkan budaya menabung kepada anak-anak SD atau TK.

6. Belanja Secukupnya

cara menabung untuk mahasiswa
thedailymind.com

Cara menabung yang baik dan efektif untuk mahasiswa yang lainnya adalah menulis daftar barang yang ngin kita beli dengan uang tabungan. Tulis daftar tersebut dengan rapi dan tebal, lalu tempelkan di dinding kamar. Letakkan di tempat yang sering kita lihat sehingga bisa mengingatkan kita untuk menabung.

Kita juga bisa membuat beberapa kata motivasi dalam daftar keinginan tersebut. Sehingga setiap kali kita melihat daftar tersebut, energi untuk menabung semakin bertambah. Selain menempelnya di dinding kamar, akan lebih baik jika tertempel juga di dompet atau tertulis di wallpaper handphone.

7. Menabung di Rekening

cara menabung di rekening
reference.com

Masih ada beberapa cara menabung yang baik dan efektif mahasiswa lainnya seperti menyimpannya di rekening bank. Lebih mudahnya, jika kita di kirim uang melalui bank oleh orangtua, maka jangan mengambilnya sekaligus semua. Ambillah uang secara bertahap sesuai dengan kebutuhan. Bijaklah dalam menggunakan ATM.

8. Cukup Membeli Hal-hal yang Dibutuhkan

cara menabung bagi pelajar
hoasted.com

Langkah lain yang bisa dilakukan sebagai cara menabung yang baik dan efektif mahasiswa adalah memberikan garis tegas antara kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Sebelum membeli sesuatu, pastikan barang tersebut benar-benar kita butuhkan. Utamakan membeli barang-barang yang dibutuhkan mendesak.

Dalam kasus tersebut, cobalah untuk mematuhi cara menabung yang baik dan efektif mahasiswa yang kedua. Patuhi rancangan pengeluaran selama sebulan. Setelah kebutuhan primer selama sebulan dirasa telah terpenuhi. Baru kalian bisa membelanjakan uang untuk membeli kebutuhan sekunder atau tersier.

9. Menabung Uang Recehan

cara menabung uang recehan uang koin
hdwallpapersrocks.com

Cara menabung yang baik dan efektif selanjutnya sedikit unik, yaitu jangan pedulikan recehan. Maksudnya seperti apa ya? Nah, yang dimaksud janga pedulikan recehan adalah, bila kita menjumpai recehan maka jangan kita hiraukan. Letakkan saja recehan itu ke dalam suatu wadah. Terus menerus seperti itu saat menjumpai recehan.

Satu hari berjalan seribu rupiah terkumpul, dua hari berjalan, dua ribu rupiah terkumpul, seminggu berlalu lima ribu rupiah terkumpul. Tanpa kita sadari kita sudah memiliki bank recehan. Ketika setahun berlalu, bisa jadi kita sudah punya puluhan atau ratusan toples recehan yang siap kita tukarkan dengan sebuah mobil.

Sebenarnya, tips tersebut selain berguna untuk menabung tapi juga menjadi alternatif untuk menghargai uang recehan. Meski hanya bernilai dua ratus atau seratus rupiah saja, namun pasti berguna dalam sebuah situasi. Jika kita tidak bisa menghargai dengan menyimpannya. Maka kumpulkan saja lalu acuhkan.

10. Bawalah Uang Secukupnya

tips menabung efektif
steemit.com

Nomor tips selanjutnya diambil alih oleh ‘janga menyimpan banyak uang di dompet’. Bawalah uang secukupnya saja di dompet atau disaku. Selain berguna dalam hal menabung. Tips ini juga bisa digunakan untuk mengantisipasi kehilangan yang menimbulkn kerugian. Setidaknya dengan begini kita masih ada uang simpanan untuk digunakan.

Kita bisa hanya membawa beberapa lembar uang dengan nominal sedang ketika berpergian ke kampus. Hal lain yang juga membantu adalah cukup membawa kartu ATM. Sehingga kita bisa berbelanja sesuai dengan kebutuhan dan terhindar dari belanja yang berlebihan.

Selain membantu kita untuk menabung. Membawa uang yang tidak terlalu banyak juga meghindarkan kita dari kehilangan. Maksudnya, semisal dompet kita hilang atau di copet, kita masih memiliki uang simpanan lain. Untuk itu, akan lebih praktis jika kita hanya membawa uang cukup tanpa perlu membawa dompet saat ke kampus.

11. Menabung di Tempat-tempat yang Sering Terlupakan

tips menabung mahasiswa
manrepeller.com

Cara menabung yang baik dan efektif untuk mahasiswa selanjutnya adalah, simpan beberapa uang dengan nominal yang besar di tempat-tempat yang sering kita lupakan. Misalnya, di dalam kotak kesehatan, atau di sela-sela buku. Simpanllah di tempat yang sering kita lupakan dan jarang kita sentuh.

Jadi, ketika kita tanpa sengaja membuka tempat-tempat tersebut kita akan seolah menemukan harta karun. Misalnya kita menyimpan uang di kotak kesehatan. Seketika kita jatuh sakit namun tidak memiliki uang untuk berobat. Kita berniat untuk hanya meminum obat yang ada di kotak kesehatan, tapi ternyata kita malah mendapatkan uang untuk berobat.

Menyimpan uang dan barang berharga di tepat yang tidak terduga juga bisa diterapkan saat mudik. Simpanlah uang dan barang berharga di tempat yang tidak sewajarnya. Sehingga semisalnya ada maling yang mencoba memasuki rumah kita, mereka tidak akan menemukan uang atau barang berharga kita.

12. Puasalah

tips menabung
redbookmag.com

Cara menabung yang baik dan efektif selanjutnya adalah berpuasa. Berpuasa jajan, berpuasa membeli barang-barang yang tidak perlu. Maksut berpuasa disini adalah menahan nafsu atas berbelanja yang berlebihan. Selain membantu kita untuk menabung, puasa juga membantu kita untuk menjadi pembeli yang pintar.

Puasa atau menahan anfsu mengajarkan kita untuk memilih barang terbaik untuk dibeli. Melihat dari segi harga dan kualitas barang. Mempertimbangkan manfaat atau kegunaan barang. Menyeleksi atau melakukan survey dari berbagai sumber. Semua itu membantu kita menjadi pembeli yang pintar.

13. Membeli Barang-barang yang Bernilai Investasi

cara menabung yang efektif
aarp.org

Jadilah seseorang yang produktif bukan konsumtif, masukan prinsip itu dalam list cara menabung yang baik dan efektif untuk mahasiswa. Maksudnya, habiskanlah uang mu untuk hal-hal yang memberikan feedback. Misalnya, kamu menghabskan uang limapuluh ribu, tapi setelah itu kamu mendapatkan minimal limapuluh ribu lagi.

Caranya bagaimana? Ini menjadi cara menabung yang baik dan efektif  berikutnya, investasikan uang Anda dalam barang-barang yang menguntungkan. Misalnya kita membeli tas, carilah tas yang sekiranya bisa dijual sewaktu-waktu. Tidak perlu tas mewah cukup tas berkualitas yang paling tidak bisa di loakkan.

Meskipun tidak mendapatkan feedback yang besar tapi setidaknya kita sudah belajar berinvestasi. Selanjutnya, kita bisa menjadi pemilik modal amatiran. Dengan berapapun uang yang kita punya kita bisa membuka usaha apapun. Tidak perlu usaha yang besar, usaha kecil saja namun mendatangkan manfaat.

Ingatlah kata motivasi ini, besar atau kecil usaha mu, kamu adalah bosnya. Jangan malu untuk mulai membuka usaha. Siapa tahu usaha ini nantinya yang akan membawa kita pada bangku kesuksesan. Sebagai mahasiswa banyak sekali jalan untuk membuka sebuah usaha.

Misalnya kita memulai usaha berdagang, kita bisa berjualan di kampus atau  kepada sesama teman mahasiswa. Biasanya mahasiswa akan mulai berjualan puasa, selain praktis pulsa merupakan kebutuhan primer mahasiswa. Selain pulsa, menjual makanan ringan seperti roti juga menjadi usaha favorit mahasiswa.

14. Hidup Sederhana itu Indah dan Menyelamatkan

cara menabung yang benar
suitqaisdiaries.com

Melengkapi cara menabung yang baik dan efektif untuk mahasiswa yang sebelumnya, bulatkanlah tekat Anda untuk hidup hemat dan sederhana. Terutama untuk wanita, seringkali mudah tergoda dengan kata diskon dan sejenisnya. Terkadang kita juga menjadi seorang yang boros dan konsumtif karena terlalu mengikuti gaya hidup terbaru.

Gaya hidup akan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Jika kita memaksakan diri untuk selalu mengikuti perkembangan zaman. Maka kita akan berubah menjadi mahasiswa yang hedonis dan konsumtif. Uang kita akan habis pada hal-hal yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Menanggapi gaya hidup dan perkembangan zaman, saat ini hampir semua mahasiswa memiliki sosial media. Manfaatkanlah sosial media mu sebagai tempat untuk produktif. Misalnya kamu bisa membuka bisnis online shop, atau membuat video-video yang membuat mu dibayar oleh pihak pemilik media sosial atau pengguna media sosial.

Zaman berkembang, gaya hidup berkembang, cara menabung dan menyimpan uang juga harus berkembang. Kreatifitas dalam menabung atau menciptakan media penyimpanan memang sangat dibutuhkan. Berpikirlah terbuka maka banyak jalan dalam kehidupan yang akan terbuka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *