18 Bisnis Sampingan Online; Penghasilan Menjanjikan Khusus Mahasiswa

Bisnis Sampingan Online

ACADEMIC INDONESIA — Berbeda saat dulu menjadi siswa di bangku sekolah, seorang mahasiswa dituntut untuk berpikir kreatif agar bisa hidup mandiri tanpa mengadalkan uang dari orang tua saja. Masa kuliah bisa menjadi bermanfaat ketika para mahasiwa bisa menghasilkan uang tambahan untuk biaya hidup. Salah satunya dengan memulai sebuah bisnis sampingan.

Bisnis Sampingan Online

Ada banyak peluang bisnis online yang bisa dicoba mahasiswa, mulai dari bisnis denga modal besar hingga bisnis yang bahkan tidak membutuhkan modal. Meskipun hanya bisnis sampingan, namun penghasilan yang didapatkan terbilang lumayan. Berikut ini beberapa ide bisnis yang sebaiknya dicoba mahasiswa:

Jual Pulsa Elektrik Online

Jual pulsa elektrik adalah salah satu bisnis sampingan yang paling tepat dilakukan oleh seorang mahasiwa sebagai usaha sampingan. Pasalnya, teman kuliah, teman kost dan sebagainya adalah pasar yang menggiurkan untuk menjajakan bisnis pulsa Anda.

Selain mudah, bisnis ini juga tidak membutuhkan modal yang besar. Mulailah dengan modal dengan kisaran Rp 50 ribu hingga Rp 1 juta saja dan bukan tidak mungkin Anda bisa meraup keuntung lebih banyak lagi, mengingat pulsa selalu menjadi kebutuhan orang banyak.

Les Privat

Bisnis jasa mengajar privat belakangan ini giat ditekuni oleh mahasiswa yang ingin menambah penghasilan untuk biaya kuliah. Para mahasiswa bisa memanfaatkan ilmu yang mereka dapatkan di bangku kuliah untuk membantu murid-murid yang belum paham dengan pelajaran sekolah.

Misalnya Anda yang berkuliah di jurusan Matemtika dan Sains, bisa menawarkan jasa mengajar privat dengan mulai dari mendatangi rumah murid-murid yang membutuhkan. Setelah Anda mulai dikenal dan sudah punya banyak murid, Anda bisa membuka tempat les sendiri di rumah agar Anda tidak perlu mendatangi rumah para murid dan muridlah yang datang ke tempat Anda.

Untuk modal, tak perlu khawatir karena bisnis les privat ini hanya memerlukan tranpostasi saja. Sedangkan untuk membuka jasa les privat di rumah, berarti Anda hanya memerlukan peralatan tulis dan ruang belajar yang jika dihitung secara kasar hanya membutuhkan modal sekitar Rp1 juta saja. Tarif les bisa Anda tentukan berdasarkan harga biaya les pada umumnya.

Agar semakin dikenal, jangan lupa menawarkan jasa les privat Anda ini secara online.

Menerima Jasa Menjahit Pakaian secara Online

Dianugerahi keterampilan yang tidak semua orang memilikinya, bisa dijadikan sebuah ide usaha sampingan, menjahit pakaian misalnya. Melayani jasa menjahir pakaian memang awalnya terdenagr kurang menarik bagi mahasiswa, namun yang perlu diingat dalam konsep bisnis sampingan adalah membuah waktu luang lebih bermanfaat dengan menghasilkan uang.

Jadi, bukan berarti Anda harus membuka kios jahit sendiri. Sebagai langkah awal, Anda bisa memanfaatkan modal minimal dengan membeli mesin jahit bekas.

Untuk membeli mesin jahit dan perlengkapan lainnya, setidaknya Anda hanya pelu menyiapkan modal Rp 2 jutaan saja. Setelah itu, Anda bisa mencari pelanggan dari orang terdekat Anda dulu, misalnya teman, tetangga atau keluarga.

Karena Anda seorang mahasiswa yang masih harus memenuhi kewajiban kuliah, maka sebaiknya batasilah pesanan jahit sesuai dengan kemampuan dan waktu yang Anda miliki. Jika bisnis jahit Anda mulai berkembang, Anda bisa memperjakan orang lain dengan standar hasil jahitan yang sesuai.

 Penerjemah Online

Menguasai satu atau lebih bahasa asing bisa menjadi lahan penghasilan bagi mahasiswa, apalagi untuk mahasiswa yang berkuliah di fakultas bahasa. Dengan menawarkan jasa penerjemah, Anda bisa mulai menerjemahkan dokumen, seperti artikel, skriosi, makalah dan lainnya.

Bisnis ini akan memberikan hasil yang menjanjikan. Misalnya saja jika Anda memberlakukan tarif penerjemah sebesar Rp 50 per kata dan satu halaman terdapat 500 kata, maka Anda sudah mengantongi uang sebanyak Rp 25 ribu dalam per halamannya. Dan apabila terdapat 10 halaman yang harus Anda terjemahkan, maka keuntungan Anda akan berlipat menjadi Rp 250 ribu.

Untuk modal pun juga relatif mudah dan murah karena Anda hanya membutuhkan laptop dan koneksi internet saja. Dan jika membutuhkan hasil fisik, maka Anda juga membutuhkan mesin cetak atau printer. Anda bisa mencari marketplace yang menjual jasa penerjemah ini di internet, seperti freelancer.co.id dan sribulancer.

Menjual Aneka Kue di Toko Online

Menjual aneka menu kue adalah ide sempurna untuk membuka bisnis sampingan, terutama bagi Anda yang memiliki hobi bereksperimen di dapur. Saat luang atau setelah seharian beraktifitas di kampus, Anda bisa menyalurkan hobi membuat kue untuk kemudian dijual pada keesokan harinya.

Mulailah menjajakan anek kue buatan Anda di tetangga sekitar tempat Anda tingga atau menitiipkannya di kantin tempat Anda kuliah. Bayangkan betapa menyenangkannya jika setiap hari Anda melakukan hobi sembari menghasilkan uang untuk membantu biaya kuliah.

Setelah itu, Anda bisa membuka sebuah toko online yang menjual aneka kue mulai dari camilan hingga kue ulang tahun.

Makanan Pagi (Sarapan)

Bagi sebagian mahasiswa yang tidak memiliki jadwal kuliah pagi, biasanya lebih memilih menghabiskan waktu pagi mereka untuk tidur. Namun, Anda bisa memanfaatkannya dengan membuka peluang bisnis sampingan, yakni dengan menjual makanan untuk sarapan.

Saat ini, banyak orang yang tidak sempat menyiapkan sarapan sebelum memulai aktivitas mereka, terutama bagi yang masih tinggal sendiri. Dengan menu sarapan seperti nasi kuning, nasi uduk, bubur ayam, gorengan ditambah kopi sebagai pelengkap, Anda bisa menjajakannya secara online dengan metode pesan antar.

Modalnya pun juga relatif kecil sekitar Rp 4 juta untuk membeli bahan baku seperti beras, telur, daging ayam, minyak goreng dan lainnya. Dari bisnis sampingan ini, Anda berpeluang mendapatkan keuntung bersih sebesar Rp2 juta per bulan.

Jasa Titip Beli

Berkat kemajuan teknologi, bisnis jasa titip beli berbasis online menjadi naik daun. Cara kerja bisnis ini pun sangat sederhana, Anda hanya perlu membelikan barang tertentu yang dipesan pelanggan kemudia mengirimkannya kembali ke mereka dengan tambahan ongkos kirim.

Umumnya, tarif jasa titip beli ini dibanderol Rp 20 ribu Rp 30 ribu per barang. Modal yang dibutuhkan pun juga tidak besar namun bisa menghasilkan omzet besar hingga jutaan rupiah.

Untuk mengembangkan bisnis yang dikenal dengan istilah personal shopper ini, Anda bisa memasarkannya di media sosila seperti facevook, twitter dan instagram. Yang perlu Anda lakukan hanya mengunggah foto produk yang akan dipasarkan ke berbagai sosial media untuk menarik perhatian para calon pembeli.

Agen Pemasaran Umroh dan Haji

Bisnis umroh atau haji memang tidak pernah sepi peminat, mengingat banyaknya jemaah yang hampir tiap tahun selalu menjalankan ibadah ke Tanah Suci. Kondisi ini yang bosa menjadi peluang untuk menjalankan bisnis.

Tidak perlu sampai mendirikan biro perjalanan umroh karena bisnis tersebut pastinya membutuhkan modal hingga ratusan juta, Anda bisa menjadi agen pemasaran umroh dan haji. Selain mendapat pahala karena bisa membantu orang dalam beribadah, melalui bisnis ini Anda juga bisa mendapat penghasilan, yakni berupa komisi dari pemilik biro umroh.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah rajin menawarkan paket umroh, baik melalui teman, kelompok pengajian atau bahakn dengan melakukan door to door. Penghasilan yang didapatkan pun terbilang lumayan, Anda bisa mendapatkan uang sebesar Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta.

Pengetikan

Bisnis jasa pengetikan umumnya banyak dibutuhkan oleh mahasiswa untuk penulisan skripsi atau tugas kuliha sehingga cocok didirkan di sekitar area kampus. Dengan mamatok tarif per halaman atau per katanya, bisnis ini akan mendatangkan uang. Selain itu, bisnis ini juga tidak membutuhkan modal besar karena yang Anda perlukan hanya beberapa perangkat seperti komputer atau laptop, printer, scanner, kertas hvs dan lainnya.

 Agen Asuransi Online

Bagi mahasiswa yang ingin menambah penghasilan namun tidak memiliki banyak modal untuk membuka usaha, Anda bisa melirik profesi agen asuransi sebagai profesi sampingan. Selain tidak butuh modal, profesi ini juga tidak mengikat namun tetap memberikan pendapatan secara terus-menerus selama nasabah masih terdaftar dalam program asuransi.

Tentunya profesi sampingan ini akan menarik mengingat penghasilan tambahan yang akan Anda terima sangat proposional. Artinya penghasilan yang akan Anda dapatkan sebanding dengan usaha keras Anda dalam menjual produk asuransi.

Kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan adalah kelanjutan karir setelah Anda lulus kuliah. Tak jarang agen asuransi yang berprestasi akan mendapatkan kesempatan berkembang dengan cara pemberian training atau bahkan kesempatan studi banding hingga ke luar negeri.

Anda bisa menggunakan media sosial hingga sebuah web personal untuk menawarkan bisnis Anda ini.

Menjual Pakaian Murah

Kunci dari menjalankan usaha sampingan secara sederhana dan berkelanjutan adalah dengan menjual produk tahan lama dan tidak bisa kadaluarsa, misalnya pakaian. Selain berfungsi sebagai kebutuhan pokok, pakaian juga memiliki peran dalam menunjang penampilan seseorang.

Tak jarang bahkan orang rela merogoh kocek yang dalam hanya untuk membeli pakaian. Modal yang dibutuhkan pun juga terbilang kecil, tergantung berapa stok pakaian yang akan Anda ambil. Misalnya dengan moda Rp 1 juta saja, Anda sudah bisa menjual kembali sejumlah pakaian baru yang Anda ambil dari toko grosir.

Laundry Kiloan

Selain jasa pengetikan, jasa cuci pakaian atau laundry juga merupakan bisnis samping yang bisa meraup penghasilan menjanjikan. Apalagi jika didirikan di daerah kos-kosan yang benyak ditinggali oleh mahasiswa atau pekerja. Tak heran jika bisnis laundy kiloan ini banyak menjamur dengan menawarkan harga bervariasi.

Setelah menentukan pangsa pasar dan lokasi usaha, Anda perlu menyiapkan modal setidaknya sebesar Rp 7.5 juta – Rp 10 juta. Dengan dana tersebut, Anda bisa membeli sebuah mesin cuci satu tabung otomotais berikut dengan mesin pengeringnya. Sisa dana bisa Anda alihkan untuk membeli kebutuhan pendukung lainnya, seperti timbangan, plastik, sabun cuci, pengharum dan setrika.

Anda bisa menerima orderan laundry secara online, kemudian menggunakan alat transportasi online sebagai media pengantarnya. Simple bukan?

Bisnis MLM Online

MLM atau Multi Level Marketing bisa menjadi solusi bisnis sampingan untuk Anda yang ingin berpenghasilan lebih namun tidak memiliki modal besar. Banyaknya usaha yang dijalankan dengan sistem MLM, membuat MLM bisa dijalankan secara online.

Dengan demikian, maka bisnis ini tidak akan menyita banyak waktu dan tenaga Anda, seperti pertemuan, follow up calon member, dan pembelian barang yang biasa dilakukan MLM secara offline. Hanya saja, sebelum memulai usaha ini, pastikan untuk berhati-hati, mengingat belakangan ini maraknya MLM abal-abal yang mungkin saja bisa menjerat Anda dalam tindak pidana penipuan.

Makelar Properti Online

Banyaknya orang yang memilih untuk menginvestasikan uang mereka dengan membeli properti membuat jasa mekelar properti sangat dibutuhkan. Makelar property bertugas menjual sebuah property tertentu dengan harga ideal. Kondisi inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan uang tambahan, yakni dengan menjadi makelar properti.

Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengamati lingkungan sekitar tempat tingga Anda, mungkin saja ada proyek pembangunan rumah dan apartemen baru. Jika ada, maka Anda bisa menawarkan diri untuk menjadi makelar.

Usaha ini tidak membutuhkan modal besar namun Anda harus pintar membangun kepercayaan pada investor. Jangan bosan belajar mengenai dunia properti agar wawasan dan pengetahuan Anda bisa bertambah. Pastikan untuk tidak lupa menanyakan sistem komisi dan bonus yang akan Anda dapatkan.

Anda bisa menawarkan properti melalui situs jual beli online, atau bahkan membuat sebuah website profesional yang di dalamnya di isi dengan barang dagangan Anda.

Menjual Foto di Internet

Teknologi digital yang perkembangannya semakin pesat, membuat sesoerang berpeluang dalam membuka usaha sampingan. Misalnya untuk Anda mahasiswa dengan kemampuan fotorgrafi yang mumpuni bisa menghasilakan uang tambahan dengan menjual hasil jepretan foto-foto yang Anda ambil sendiri.

Cobalah untuk menjual foto-foto Anda secara online di beberapa situs jual-beli foto digital, seperti istockphoto.com dan shutterstock.com. Biasanya sistem pembayarannya menggunakan PayPal untuk transaksi, oleh karena itu pastikan Anda memiliki kartu kredit sebelum membuat akun penjualan foto di situs tersebut.

Membuka Toko Online

Perkembangan teknologi yang semakin hari semakin pesat, membuat hampir semua kebutuhan masyarakat menjadi serba online, termasuk belanja. Peluang membuka usaha berbasis online seperti toko online pun menarik minat pengusaha.

Beberapa produk yang paling banyak dijajakan secara online adalah pakaian, kerajinan khas daerah, obat herbali, aksesoris, produk barang digital, alat music dan lain sebagainya. Sedangkan untuk modal, Anda tak perlu khawatir karena moda yang dibutuhkan hanya untuk membeli  template dengan kisaran harga Rp300 ribuan.

Jika Anda mahasiswa yang kuliah jurusan desain, maka Anda bisa menjalankan usaha ini tanpa modal uang, hanya dengan mengandalkan kemampuan desain yang Anda miliki. Untuk Anda yang mungkin masih bingun memilih produk apa yang akan dijual, cobalah untu menggunakan sistem dropship yang akan memudahkan Anda dalam berjualan.

Pasalnya, sistem ini tidak menuntut Anda membeli stok barang untuk dijual kembali. Anda hanya perlu meneruskan informasi  pembeli/pelanggan, dan pihak supplier akan mengirimkan barang sesuai pesanan. Sederhananya Anda menjadi pihak ketiga antara pembeli dan pemilik barang.

Desain Grafis Online

Usaha sampingan ini cocok digeluti untuk mahasiswa yang menggeluti dunia desain grafis. Di sela-sela aktivitas kulliah, Anda bisa menawarkan jasa desain grafis Anda kepada teman atau juga bisa melalui marketplace yang banyak tersebar di internet. Beberapa marketplace yang banyak mencari jasa desain seperti sribu.com, 99designs.com, projects.co.id elance.com dan upwork.com.

Selain keuntungan berlipat ganda yang akan didapatkan, bisnis sampingan ini juga tidak membutuhkan modal besar. Anda hanya perlu koneksi internet dan keterampilan desain. Kunci sukses dari bisnis jasa desain ini adalah produk kreatif dan ketepatan waktu penyelesaiannya.

Membuat Blog/Website

Bagi beberapa orang, menjadi seorang blogger adalah sebuah hal yang menyenangkan karena bisa mengombinasikan antara hobi dan pekerjaan. Terlebih lagi jika blog website Anda memiliki traffic atau jumlah pengunjung yang banyak sehingga Anda bisa memanfaatkannya sebagai bisnis sampingan. Namun, mengelola sebuah website pribadi bukanlah pekerjaan yang mudah.

Untuk mendatangkan pengunjung blog lebih banyak, Anda harus memuat konten-konten menarik di dalamnya. Oleh sebab itu, pilihlah tema blog yang sesuai dengan passion atau hal-hal yang sangat Anda sukai, misalnya fashion, film, music, teknologi dan lain sebagainya.

Semakin menarik konten yang Anda tampilkan, maka semakin banyak pula pembaca yang akan mengunjungi blog Anda. Ketika traffic blog Anda semakin meningkat, maka blog kemudian bisa di-monetize untuk mendapatkan peghasilan.

Caranya juga beragam, salah satunya dengan mulai membuka space iklan. Biasanya untuk membuat jaringan periklanan profesional seperti Google Andsense, Anda membutuhkan modal maksimal Rp1 juta untuk membuka usaha ini.

Dalam membuat website, hosting yang handal sangat dibutuhkan. Banyak jejeran web hosting yang berada di pasaran. Salah satu web hosting yang bisa dipilih adalah Niagahoster.

Info Kampus dan Sumber Referensi Kuliah Terlengkap Fanspage Academic Indonesia Group Fb Info Kampus Seluruh Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *