Biografi Panglima TNI Gatot Nurmantyo

Biografi Panglima TNI Gatot Nurmantyo — Baru-baru ini, nama Panglima Tentara Nasional Indonesia Gatot Nurmantyo sedang naik daun. Sebelumnya memang sempat mencuat nama Panglima Gatot Nurmantyo ketika beliau dilantik menjadi  Panglima TNI, akan tetapi belum seheboh saat ini.

Jendral TNI Gatot Nurmantyo
suaranews.com

Pada awalnya, nama Panglima TNI Gatot Nurmantyo muncul ke publik saat beliau menjadi salah satu pembicara di program Mata Najwa (Rabu, 2/11/2016).

Siapakah sosok Najwa Shihab Sebenarnya?

Bertajuk Menjaga Bhineka, Panglima TNI Gatot Nurmantyo menegaskan bahwa  yang melakukan aktivitas aksi damai merupakan rakyat tanah air. Beliau secara tidak langsung juga menyindir program Mata Najwa yang sama sekali tidak memberikan ruang aspirasi bagi ummat Islam secara garis besar.

Selanjutnya, rekaman video tersebut menjadi viral di media sosial, baik di Youtube sampai di media sosial Facebook. Ditambah, ada seorang pengguna facebook yang mengunggah status yang berisikan mengenai layaknya seorang Panglima TNI Gatot Nurmantyo menjadi presiden.

Pujian dari netizen pun datang dalam skala besar melalui berbagai akun sosial termasuk Twitter setelah Panglima TNI Gatot Nurmantyo tampil di acara Indonesia Lawyer Club (Selasa, 8/11/2016).

Bertemakan 411, Panglima TNI Gatot Nurmantyo menunjukkan kewibawaannya sebagai Panglima TNI. Saat ditanya mengenai tanggapan Aksi Damai 4 November, beliau menegaskan bahwa Aksi Damai 4 November adalah aksi yang paling indah dan sangat indah.

Beliau menambahkan bahwa tanpa Islam, Indonesia tidak akan ada. Beliau juga menegaskan bahwa tugas TNI adalah menjaga kebhinekaan, maka dari itu tanpa Islam Indonesia tidak ada, begitu juga dengan agama-agama lain seperti Katholik, Kristen, Hindu, Budha; Indonesia berdiri di atasnya.

Begitulah Indonesia, negara yang kaya akan keragaman ini perlu disyukuri. Negeri yang di dalamnya ada banyak pengusaha seperti konveksi kaos, para sosial preneur, agamawan, ilmuan, budayawan dan lain sebagainya adalah kekayaan sosial yang tak terkira.

Saat ditanya mengenai kelayakan beliau menjabat sebagai presiden, beliau pun menjawabnya dengan tenang bahwa beliau selaku TNI tugas utamanya adalah menjaga kebhinekaan. Maka dari itu, beliau juga menjelaskan bahwa beliau taat dan patuh terhadap atasannya; dalam hal ini adalah presiden.

Beliau sangat menyadari hal tersebut karena beliau yakin bahwa janjinya saat dilantik menjadi Panglima TNI bukanlah janji biasa. Beliau dilantik menjadi Panglima TNI di atas Al Quranul Karim.

Wah bangga ya kita sebagai rakyat Indonesia memiliki Panglima TNI yang membela rakyat kecil. Pertanyaannya, siapa sih Panglima TNI Gatot Nurmantyo yang sebenarnya hingga membuat banyak netizen memantaskan beliau tuk menjabat presiden?

Biografi Panglima TNI Gatot Nurmantyo

Biografi Gatot Nurmantyo
republika.co.id

Bergelar sebagai Jendral Panglima TNI, Gatot Nurmantyo merupakan seorang alumni Akademi Militer pada tahun 1982.

Pria yang sering menjadi pembicaraan netizen ini merupakan kelahiran Tegal, Jawa Tengah tepatnya 13 Maret 1960.

Sesuai Keppress Nomor 49/TNI/2015 tertanggal 6 Juli 2015, beliau dilantik oleh Presiden Joko Widodo menjadi Panglima TNI ke-16 di Istana Negara, Jakarta, 8 Juli 2015.

Adapun upacara serah terima jabatan sebagai Panglima TNI baru menggantikan Jendral Moeldoko dilaksanakan di Lapangan Plaxa Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa 14 Juli 2015.

Kekayaan Sang Jendral Panglima

Dikutip dari tokohindonesia, bersumber dari catatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengenai Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Gatot Nurmantyo memiliki kekayaan dengan total Rp. 7.114.471.555 (29 Maret 2010).

Berdasarkan laman acch.kpk.go.id, terakhir Gatot melaporkan harta kekayaannya ketika menjabat sebagai Gubernur Akademi Militer TNI AD. Dua hartya yang dicatat antara lain harta tidak bergerak, Panglima TNI memiliki bidang tanah dan lokasi yang berbeda.

Di antaranya, beliau memiliki 7 bidang tana di Bogor, dua bidang tanah berada di Kabupaten Sukabumi, kemudian sebidang tanah lainnya berada di Kabupaten Maluku Tengah. Adapun harta kekayaan tak bergerak mencapai 4,73 Milyar.

Demikianlah sekilas mengenai tokoh Panglima TNI Gatot Nurmantyo. Semoga kita semua dapat mencontoh kedisiplinan-kedisiplinan sikapnya ya.

Ambil Keilmuan Jurnalistik — Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta — Follow me @zamhari_jogja Whatsapps di 0812-8307-7972

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *