Peluang Beasiswa ELTA: Training untuk Menaikkan Skor IELTS dan TOEFL

Beasiswa ELTA — Barangkali, ada sebagian mahasiswa yang merasa kurang dalam hal kemampuan berbahasa Inggris. Pastinya, hal ini bisa menjadi harapan baru bagi Anda, sebab saat ini banyak sekali bantuan  untuk membantu para mahasiswa untuk melancarkan bahasa inggrisnya.

beasiswa ELTA Australia Awards toefl
ACADEMIC INDONESIA

Salah satunya adalah beasiswa ELTA. Beasiswa ELTA adalah bantuan pelatihan bahasa Inggris yang dirancang bagi  para pelamar beasiswa Australia Awards.

Tentu saja, beasiswa ini hanya dikhususkan bagi mereka para pelamar yang belum memenuhi syarat minimal bahasa Inggris yang ditetapkan.

Perlu diketahui bersama, bahwa salah satu syarat untuk mendaftar beasiswa Australia Awards memerlukan skor IELTS di atas 5.0 atau TOEFL ITP di atas 500.

Pasti penasaran bukan siapa penyelenggara beasiswa ELTA ini. ELTA adalah beasiswa yang berasal dari Pemerintah Australia guna membantu pelamar beasiswa meraih skor IELTS di atas 5.0 dan ITP Toefl di atas 500.

Adapun beasiswa ini terbuka lebar bagi mereka pendafar beasiswa Australia awards yang memiliki skor IELTS 4.5-5.0 atau setara.

Bagi Anda yang berminat, tawaran bantuan pelatihan  bahasa Inggris ELTA saat ini masih sangat terbatas. Beasiswa ini untuk sementara hanya dikhususkan bagi mereka yang tinggal di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maulu, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Selain wilayah-wilayah khusus di atas, ada lagi target beasiswa ini; yakni mahasiswa-mahasiswa penyandang difabilitas di seluruh Indonesia. Semua penyandang disabilitas bisa melamar beasiswa pelatihan bahasa Inggris ELTA ini.

Bagi Anda yang berada di luar Kota tempat program ELTA dilaksanakan, pihak dari Australia Awards telah menyediakan akomodasi dan transportasi darat, laut maupun udara. Semuanya berbasis kelas ekonomi dengan sistem penggantian biaya atau reimburse.

Baca juga Beasiswa Kemenag 2017

Jadwal Pelatihan Beasiswa ELTA

Menarik bukan, kita lanjutkan. Adapun terkait jadwal pelaksanaan pelatihan bahasa Inggris ELTA akan berlangsung selama 3 bulan atau selama 12 Minggu. Pelatihan akan dilakukan full selama Senin sampai Jumat di 6 provinsi yang tadi sudah disebutkan di atas.

Jika Anda terpilih sebagai  penerima beasiswa ELTA, Anda akan diajar langsung oleh para master yang sudah berpengalaman, di antaranya dari IALF Bali yang sepenuhnya telah dibiayai Pemerintah Australia.

Menariknya, jika Anda mengikuti program ini, setelah Anda mengikuti pelatihan, Anda akan dibimbing langsung untuk mengikuti tes IELTS. Nantinya, hasil skor tes tersebut bisa digunakan untuk mendaftar beasiswa Australia Awards.

So, bagi Anda yang telah menyelesaikan S1, ada baiknya Anda bersiap-siap untuk mengikuti pelatihan ini. Anda bisa melanjutkan studi S2 Anda ke Australia melalui beasiswa Australia Awards.

Persyaratan Beasiswa ELTA

  1. Setiap lulusan mahasiswa memiliki Indeks Prestasi Komulatif (IPK) sekurang-kurangnya 2.75 pada skala minimum 4.
  2. Melampirkan kemampuan bahasa Inggris (bila memiliki)

Dokumen Aplikasi

  1. Formulir pendaftaran beasiswa
  2. Curriculum Vitae (CV)
  3. Salinan tanskrip akademik
  4. Bukti hasil tes TOEFL/IELTS bila sudah memiliki
  5. Mempunyai surat izin dari atasan Anda yang mendukung program pelatihan ini
  6. Fotokopi KTP
  7. Formulir keterngan difabilitas bagi Anda penyandang difabilitas
  8. Surat keterangan dari dokter apabila Anda penyandang difabilitas

Pendaftaran Beasiswa ELTA

Setelah Anda melengkapi berkas-berkas, Anda bisa langsung mengirimkannya ke panitia pelatihan bahasa Inggris. Adapun cara pengirimannya ada 3 macam, yakni melalui online, email dan pos.

 

Via online

Bila Anda ingin mendaftarkan diri secara online, Anda isa melalui link berikut ini: https://goo.gl/QZL9X3

 

Via email

Jika Anda inginkan via email, berkiut ini email-email yang bisa Anda gunakan.

Kirim aplikasi ELTA daerah NTT bisa dikirim melalui ELTANTT@ialf.edu

Kirim aplikasi ELTA daerah NTB dapat dikirim melalui ELTANTB@ialf.edu

Kirim aplikasi ELTA Maluku dan Maluku Utara bisa Anda kirim ke ELTAMMU@ialf.edu

Kirim aplikasi daerah Papua dan Papua Barat bisa Anda kirim ke ELTAPPB@ialf.edu

Kirim ELTA bagi penyandang disabilitas bisa dikirim melalui ELTABALI@ialf.edu

Via Pos

Kirimkan aplikasi Anda ke

TIM Seleksi ELTA,

IALF Bali

Jalan Raya Sesetan 190

Denpasar 80223.

 

Bila Anda mengirimkan aplikasi melalui pos, cantumkan ELTA NTT, ELTA NTB atau ELTA Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat di pojok kiri amplop.

Pilihlah sesuai daerah Anda masing-masing. Bagi Anda penyandang disabilitas, Anda bisa mencantumkan ELTA saja di pojok kiri amplop.

Batas Pengajuan Beasiswa ELTA

Adapun batas pengajuan beasiswa ELTA paling lambat akan diterima pada 2 April 2017 pukul 17.00 WITA. Bagi peserta yang lolos di selesksi awal, pelamar akan dihubungi pada Minggu 31 Mei – 3 Juni 2017.

Tes penempatannya akan dilaksanakan pada 11-18 Juni 2017 untuk wilayah Maluku, Maluku utara, Papua dan Papua Barat.

Sedangkan pada tanggal 10-14 Juli 2017 untuk wilayah NTB dan NTT. Adapun untuk penyandang disabilitas, tes penempatan akan dilaksanakan pada tanggal 17-18 Juli 2017.

Bagi Anda yang lolos seleksi, Anda akan dihubungi selambat-lambantya pada 25-29 Juli 2017. Segala hal pertanyaan mengenai ELTA, bisa Anda tujukan ke ELTA@ialf.edu atau melihat di laman Australia Awards. Salam sukses !

Blogger Jogja Ambil Keilmuan Jurnalistik — Hobi Men-SEO-kan Konten — Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta — Gabung dan Dapatkan Berbagai Info Kampus di Komunitas Academic Indonesia Whatsapps di 0812-8307-7972

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *