Apa Itu Skripsi? Mengapa Sampai-sampai Skripsi Dilan Tak Kunjung Selesai?

APA ITU SKRIPSI? — Tak ada habisnya bila berbicara tentang yang satu ini. Selain asyik, juga terkadang membuat berisik. Berisik bukan karena suaranya, namun karena kesulitannya yang bisa menghabiskan waktu relatif lama.

Cukup banyak mahasiswa yang bisa menyelesaikan skripsinya dengan lancar, namun juga ada beberapa yang sampai saat ini masih berjuang. Contohnya saja Dilan, dia semester 14 yang sampai saat ini belum juga kelar skripsinya.

Wah, kita doakan semoga teman-teman mahasiswa, khususnya Dilan; yang belum menyelesaikan skripsinya lekas selesai dan diwisuda ya. Tuh mami papi dah nunggu luaaaama sekali hehe…

Apa Itu Skripsi?

Skripsi itu apa tho………?

Kiranya pertanyaan tersebut menjadi semakin akrab ketika seorang mahasiswa sudah memasuki semester 6. Apalagi yang sudah semester 10 ke atas, pasti sampai hafal pertanyaan tersebut.

Ok, serius nih, tapi sebenarnya apa itu skripsi?

Skripsi adalah sebuah karya tulis ilmiah yang memiliki runtutan sistematis mulai dari cara pembuatannya sampai pada menarik kesimpulan. Skripsi ini identik sekali dengan keilmuan yang diambil, nantinya keilmuan tersebut dikaitkan dengan fenomena sosial/alam melalui sebuah penelitian.

Coba Baca Pengertian Skripsi dari Sudut Pandang yang Lain; Skripsi dan Harvard Univeristy

Pro Kontra Penting Tidaknya Sebuah Skripsi

Masih ingatkah tahun lalu, ketika bangsa ini sedang dilanda gonjang-ganjing penting tidaknya skripsi. Saya berharap teman-teman tidak menjadikan hal tersebut sebagai alasan menunda-nunda skripsi, atau menganggap skripsi tidak ada gunanya.

Hemat penulis, banyak keuntungan yang kita dapatkan ketika kita mampu bersabar mengerjakan skripsi. Hal yang paling mendasar dan terasa sangat  bermanfaat manakala kita mempelajari sebuah teori.

Ya, di dalam skripsi, teori sangatlah penting. Dalam tataran S1, mahasiswa dituntut untuk menguji sebuah teori yang kemudian dikaitkan dengan fenomena sosial. Tentu berbeda bila nantinya Anda mengambil S2 atau S3.

Di dalam skripsi, nantinya Anda akan dituntut untuk menguasai 1 teori yang akan dijadikan dasar dalam pembuatan skripsi Anda. Anda juga akan dituntut untuk bisa menjelaskan secara detail dan komprehensif.

Nah, di situlah nantinya wawasan Anda akan naik lebih tinggi daripada sebelumnya. Bisa memahami 1 teori saja, kedepannya Anda akan lebih mudah memahami teori-teori lainnya.

Dari teori pulalah Anda juga sedikit demi sedikit menyukai dunia konsep; dunia yang Anda konsepkan. Hasilnya, setelah lulus nanti Anda bisa merencanakan segala sesuatunya dengan konsep. Mulai dari rancangan hidup Anda, sampai pada peran apa yang akan Anda ambil di kehidupan yang akan datang.

So, perasaan gembira seharusnya jika Anda akan memasuki tahap pengerjaan skripsi. Sebab dengan skripsilah Anda akan lebih tahu dari yang tahu sebelumnya. Pokoknya contoh deh negara tetangga, di sana bila ada kritikan atau masukan tentang skripsi justru senang dan bersyukur karena karya ilmiahnya akan menjadi semakin sempurna, bukan malah sebaliknya ya!

Tips Skripsi

Banyak lho, untuk menentukan judul sulitnya minta ampun. Judul ini belum di ACC, judul itu juga belum di ACC. Tak jarang beberapa mahasiswa memerlukan waktu yang lama untuk menemukan judul yang tepat, tak hanya berbulan-bulan, ada juga yang bertahun-tahun.

Setelah menemukan judul, ada lagi tantangannya; judul terlalu berat untuk dikerjakan karena faktor-faktor yang tidak bisa dijangkau, judul kurang menarik untuk masa kini, bahkan ada juga judul skripsi yang tidak ada masalahnya (haha… silahkan tertawa 😀 )

Pada dasarnya, tujuan kuliah adalah memperdalam sebuah ilmu yang kita minati, sudah bukan dalam tataran mencari (baru) lagi. Bila Anda saat ini sudah menginjak semester 3, ini adalah awal yang bagus untuk mengawali skripsi Anda.

Maksud saya begini, usahakan skripsi Anda sedini mungkin, bisa melalui coretan atau catatan kecil khusus untuk skripsi, atau catatan buku-buku apa saja yang sudah Anda baca.

Buatlah sebuah note, mulai dari intisari tulisan yang Anda baca, judul buku sampai pada halaman-halamannya. Jika Anda merasa buku yang Anda baca sangat penting, Anda bisa membelinya untuk koleksi skripsi Anda.

Jadi dengan mempersiapkan lebih awal, Anda tak belepotan. Bayangkan bila Anda sadarnya ketika semester 7 atau 8, wah bisa jadi skripsi Anda nantinya hanya tempel sini tempel sana, padahal skripsi membutuhkan alur yang mengalir.

Selebihnya, Anda bisa memanfaatkan waktu-waktu semester muda Anda untuk mengikuti berbagai seminar, diskusi atau perlombaan-perlombaan karya ilmiah. Di situlah, Anda akan berlatih banyak hal mulai dari cara menulis, presentasi dan lain sebagainya.

Catat semua kegiatan-kegiatan penting Anda, hingga tiba masanya skripsi, Anda tinggal membuka cacatan kecil Anda dan merangkainya menjadi karya ilmiah yang luar biasa.

Baca juga Bagaima Tips Cara Membuat Skripsi jadi Semudah Nge-Tweet

Epilog

Terakhir, Baca juga Renungan tentang Skripsi!

Nah, sekarang sudah tahu kan mengapa Dilan sampai saat ini belum kunjung selesai juga skripsinya. Selain skripsi itu butuh perencanaan yang matang, ternyata Dilan juga belum mendaftar kuliah. Pantesan skripsinya tak kunjung selesai, mengerjakan saja belum!

Dilan Masih SMA!!@#$%^&****

Skripsi Dilan
instagram.com/explore/tags/dagelandilan+memedilan
Ambil Keilmuan Jurnalistik — Hobi Men-SEO-kan Konten — Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta — Gabung dan Dapatkan Berbagai Info Kampus di Komunitas Academic Indonesia Whatsapps di 0812-8307-7972

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *