Apa Itu KRS? Inilah Pengertian KRS beserta Tips Cara Mengisinya

APA ITU KRS?– Bahagia bertemu Anda kembali, tentu saja masih dalam suasana Syawal. Bulan akselerasi setelah melakukan evaluasi diri di Bulan Ramadhan. Kali ini, pihak redaksi kami akan mengulas mengenai pengertian KRS. Apa itu KRS? Lalu apa kegunaannya? Mari kita bahas lebih lanjut!

Pendahuluan Mengenai Pengertian KRS

apa itu krs
thenational.ae

Pernahkah Anda berpikir bagaimana cara memulai kuliah masuk di dalam kelas? Jangan sembarangan lho, sebab setiap kelas ada absensinya masing-masing. Tentu saja bila Anda salah masuk kelas, Anda akan merasa terasing.

Bukan itu saja, bila Anda masuk kelas, sebelum masuk pun Anda akan kaget sebab Anda akan menemui hal-hal yang bukan biasanya. Hal-hal tersebut seperti halnya dosen yang berbeda, teman mahasiswa yang berbeda sampai aura suasana yang sangat berbeda.

Di situlah Anda sebenarnya masuk salah kelas. Anda barangkali terburu-buru, atau malam paginya luput untuk menyiapkan mata perkuliahan apa yang akan dijalani. Alhasil, Anda pun akan gugup sampai-sampai salah kelas.

Nah itulah sekelumit gambaran pentingnya KRS. Bukan hanya gambaran maksudnya, namun lebih kartu yang hendaknya dipegang oleh setiap mahasiswa saat menjalani belajar atau tugas perkuliahan di dunia kampus.

Lihat kembali Pengertian Terlengkap Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pengertian KRS

Arti KRS sendiri adalah Kartu Rencana Studi. Maksudnya begini, sebelum Anda kuliah, tentu Anda sudah terlebih dahulu memilih jurusan. Jurusan itulah yang akan Anda geluti, cari, buru hingga Anda layak digelar sarjana.

Di dalam jurusan yang Anda ambil, mungkin saja masih dibagi-bagi menjadi beberapa konsentrasi. Di jurusan sewaktu saya kuliah sendiri tepatnya di jurusan KPI (Komunikasi dan Penyiaran Islam) ada dua konsentrasi yakni broadcasting dan jurnalistik.

Bukan hanya itu, setiap konsentrasi juga masih mempunyai focus masing-masing missal di konsentrasi broadcasting masih memilih radio atau televisi. Nah, di sinilah kegunaan KRS sebagai kartu yang akan mencatat rencana study Anda.

Sebagai contoh jurusan di atas, Anda bisa memilih konsentrasi jurnalistik atau broadcasting. Bila Anda memilih jurnalistik, tentu saja Anda akan memilih dan memasukkan mata kuliah-mata kuliah yang mengarah ke konsentrasi Anda.

Jangan sampai, ketika Anda mengisi Kartu Rencana Studi, Anda hanya asal mengambil. Akibatnya, Anda tidak tahu arah ke mana layar perkuliahan Anda akan berakhir.

Apa Itu KRS?

Bila datang musim mahasiswa baru, Anda akan banyak menjumpai kata KRS. Tak sedikit yang bingung mengenai bagaimana cara mengisi KRS. Untuk memperjelas kembali, ada baiknya bila saya akan menjelaskan kembali pengertian KRS, tentu saja pengertian yang memperkaya pengertian apa itu KRS selanjutnya.

Konkritnya, KRS adalah Kartu Rencana Studi yang digunakan untuk merencanakan mata kuliah yang akan diambil. Di KRS sendiri, di kertasnya pasti tertulis nama Anda, no induk, jurusan, fakultas sampai jumlah semester yang sedang diikuti. Kartu inilah selain Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) merupakan bukti kartu seorang mahasiswa aktif studi di perguruan tinggi.

Karena kartu ini digunakan sebagai salah satu tanda aktifnya mahasiswa,kartu ini pula tertera foto, mata kuliah yang diambil sampai cap universitas yang bersangkutan. Selain hal di atas, kartu ini juga berfungsi sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian baik ujian tengah semester (UTS) muapun ujian Akhir Semester (UAS).

Baca juga Pengertian Mahasiswa ala ACADEMIC INDONESIA.

KRS Offline dan KRS Online

KRS Offline

KRS offline adalah Kartu Rencana Studi yang cara pengisiannya melalui tahap face to face. Di sini, dalam pengisian KRS offline banyak melibatkan fisik seperti halnya print surat-surat yang dijadikan persyaratan untuk mengisi KRS. Adapun syarat-syaratnya sebagai berikut:

  1. Menggunakan pakaian yang rapi sekaligus bersepatu
  2. Membawa foto ukuran 3X4 terbaru
  3. Membawa blangko bukti pembayaran uang kuliah
  4. Apabila ada mahasiswa yang belum bisamengambil KRS karena masih ada syarat yang belum terpenuhi, mahasiswa bersnagkutan dapat mengambil di hari berikutnya.

KRS Online

Karena zaman semakin terlipat, zaman yang terus berkembang menjadikan manusia harus beralih ke online untuk mengurus semua hal termasuk system pendidikan. Salah satu contoh yang dapat kita ambil adalah mengisi KRS secara online.

Adapun KRS online adalah sebuah kegiatan pengisian rencana studi dengan menggunakan internet. Cara pengisian seperti ini bisa lebih mudah, namun juga bisa lebih sulit. Lebih mudah apabila internet lancar dan tidak ada gangguan server pada pusat teknologi universitas terkait.

Namun juga aka menjadi sangat sulit bila server bermasalah. Mashsiwa bukan hanya habis waktunya, namun juga terdapat banyak kekeliruan di sana-sini baik dalam pengisisn maupun hasil isi yang telah dilakukan mahasiswa.

Tips Mengisi KRS Online maupun Offline

  1. Siapkan semua berkas yang diperlukan, lalu scan dan perkecil ukuran filenya
  2. Siapkan koneksi internet yang baik agar bisa membantu kelancaran Anda saat mengisi KRS Online
  3. Pilihlah waktu yang utama, atau waktu-waktu yang sepi. Biasanya, sewaktu pengisian KRS, semua mahasiswa secara bersamaan mengisi sehingga menyebabkan server eror dan tak berfungsi. So, Anda harus siap siaga jaga-jaga di tengah malam untuk mengambil langkah mengisi KRS pertama.
  4. Jangan gengsi untuk bertanya kepada teman Anda mengenai mata kuliah yang harus diambil. Hal demikian bertujuan agar hasil KRS yang Anda inginkan sesuai dengan target kelulusan Anda. So telitilah, kekurangan satu mata kuliah saja pun akan menghambat kelulusan Anda, Ya, Anda harus menunggu 6 bulan lagi (1 semester) untuk dapat di wisuda karena kekurangan 1 SKS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *